Pengaruh Media Teknologi Informasi Modern Terhadap Aktivitas Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Muhammad Rizqy Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Nur Salsa Auliya Zachani Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Saniyatul Fajri Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Meity Suryandari Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.146

Keywords:

Dakwah, Teknologi, Informasi, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Perkembangan pesat di era Revolusi Industri 4.0 telah melahirkan banyak penemuan yang berhubungan dengan media komunikasi, seperti media elektronik seperti handphone, televisi, radio dan sebagainya yang berhasil menembus batas-batas geografis, sosial dan politik secara intensif. Penggunaan internet sebagai dakwah sangat memungkinkan dan mendesak dan strategis dalam masyarakat di era teknologi informasi. Internet komunikasi yang berubah secara mendasar membutuhkan banyak interaksi antara media dan pengguna. Dengan berkembangnya teknologi ini mempengaruhi akses media elektronik sebagai alat penyampaian pesan yang efektif khalayak menerima dakwah di era global seperti baru-baru ini stasiun televisi sangat efektif sebagai media komunikasi menyampaikan pesan-pesan keagamaan kepada penerima dakwah. Saat era berkembang dengan kekuatan teknologi informasi global di Era ini Revolusi Industri 4.0 banyak peluang dalam penyampaian dan pengembangan komunikasi dakwah. Dakwah Islam di zaman modern, bukan lagi kewenangan ulama. Dimanapun, kapanpun dan dengan cara apapun, orang bisa berdakwah.

References

Awaludin Pimay 1), F. M. (2021). Dinamika dakwah Islam di era modern. Jurnal Ilmu Dakwah, Volume 4 No 1 (2021).

Ahmad, N. (2013). TANTANGAN DAKWAH DI ERA TEKNOLOGI DAN INFORMASI.

AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Volume 1, Nomor 1, Januari – Juni 2013.

Anton Widodo, F. (2019). DAKWAH ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Khabar

(Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam), Vol. 1, No. 01. Desember 2019.

Zaini, A. (2014). MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI MODERN SEBAGAI WASILAH

DAKWAH. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam , Volume 2, Nomor 1, Januari – Juni 2014.

Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Jurnal Gema Eksos, Vol 5, No. 2.

Hasan, Y. (2009). TEKNOLOGI INFORMASI, MEDIA DAN DAKWAH. Jurnal Ilmiah

Dakwah dan Komunikasi, Vol I, No. 1.

Yedi Purwanto, M. T. (2017). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM

PERKEMBANGAN DAKWAH MAHASISWA. Jurnal Sosioteknologi, Vol 16, No. 1.

Rini Fitria, R. A. (2020). Urgensi Komunikasi Dakwah Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dawuh, Vol. 1 | No. 1 | Maret 2020 | Hal. 1-8.

Nikmah, F. (2020). DIGITALISASI DAN TANTANGAN DAKWAH DI ERA MILENIAL.

Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Vol. 2 No. 1 2020 pp: 45-52.

Sirajuddin, M. (2014). PENGEMBANGAN STRATEGI DAKWAH MELALUI MEDIA

INTERNET. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, Volume 1, Nomor 1 Desember 2014 : 1-97.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Muhammad Rizqy, Nur Salsa Auliya Zachani, Saniyatul Fajri, & Meity Suryandari. (2023). Pengaruh Media Teknologi Informasi Modern Terhadap Aktivitas Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 22–42. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.146