PERUBAHAN DAKWAH DI ERA DIGITAL

Authors

  • Ilham Putri Andini Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Fahma Nurul Hamida Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Andhita Risko Faristiana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i2.375

Keywords:

Dakwah, Di Era Digital, Perubahan

Abstract

Era digital merupakan suatu yang memiliki hubungan melalui internet yang membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah serta efisien. Pada zaman sekarang ini telah memunculkan dampak yang baik untuk dunia teknologi informasi, akibatnya dapat memudahkan untuk berinteraksi di wilayah yang luas tanpa adanya batas ruang serta waktu. Rangkaian teknologi pada masa itu mempengaruhi model dakwah untuk berkembang pesat dan dinamis. Salah satu trend teknologi milenium ini adalah media digital, karena informasi lebih cepat dan mudah diakses. Dakwah merupakan seruan seseorang untuk melakukan hal baik atau kebaikan. adanya kecanggihan dalam teknologi memunculkan perubahan sosial dari segala aspek kehidupan,keagamaan dan seperti halnya metode dakwah.  Metode dakwah yang semula memberikan ilmu keagamaan, dilaksanakan di tempat-tempat seperti halnya pertemuan majelis ilmu atau mushola, namun selaras dengan waktu untuk memenuhi tuntutan kehidupan modern dimana waktu adalah esensi. Aktivitas sehari-hari atau terburu-buru, dakwah yang dilakukan di tempat-tempat ibadah kini bisa dilakukan secara online. Masyarakat dapat berpartisipasi atau mendengarkan dakwah dimanapun dan kapanpun. Dakwah online merupakan metode dakwah modern yang dinilai sangat berpengaruh dikarenakan dapat mencakup dikalangan semuanya tanpa harus mengadakan perjumpaan tatap muka serta dapat diterima dikhalayak luas tanpa adanya hambatan waktu serta jarak. Namun penyampaian secara online dapat juga mempengaruhi persaingan di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, umat Islam diharapkan  lebih cerdas dalam menerima penggunaan dakwah online agar tidak terpapar  ajaran agama negatif yang disampaikan melalui dakwah online. Penulis ingin menyelidiki output kenyataan tadi berdasarkan aneka macam kajian bibliografi mengenai perubahan dakwah diera digital. Menarik untuk peneliti membuat judul penelitian ini tentang “Perubahan Dakwah Diera Digital”. Penelitian ini  pula bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan dakwah diera digital, perubahan dalam konteks dakwah, tantangan dakwah, daya tarik media social serta tips sukses dakwah diera digital seperti sekarang ini.

References

Ahmad, A. (2014). Dinamika Komunikasi Islami di Media Online. Jurnal Ilmu

Komunikasi,11(April),44–58. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/308/262

Ahmad, N. (2014). Tantangan Dakwah di Era Teknologi dan Informasi: Formulasi

Karakteristik, Popularitas, dan Materi di Jalan Dakwah. Jumal Addin, 8(2), 319-344.

Habibi, Muhammad. (2018). Optimalisasi Dawah Melalui Media Sosial Pada Era

Milenial. Al-Hikmah,12(1) https://doi.org/10.24260/alhikmah.v12i1.1085

Hasan, M. (2013). Metodelogi Pengembangan Ilmu Dakwah. Pena Salsabila

Jamadu, L. (2020). Dakwah dan Media Sosial, Rahasia Kesuksesan Ustadz Abdul

Somad. Diakses Pada Tanggal 24 Mei 2020. https://www.google.com/amp/s/www.suara.com/tekno/2018/05/02/071500/dakwah dan-media-sosial-rahasia-kesuksesan-ustaz-abdul-somad

Jidan. (2019, September 7). Struktur Pengelola Kopyab Ireng [Personal

communication].

Ma’arif, B. (2015). Komunikasi Dakwah : Paradigma untuk Aksi. Simbiosa Rekatama.

Munir, I. (2020). Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Media Dakwah Masa Kini.

Diakses Pada Tanggal 8 Mei 2020.

https://www.google.com/amp/unida.gontor.ac.id/memanfaatkan-media- sosial-sebagai-media-dakwah-masa-kini/amp

Nabila, M. (2019, Mei). Survei APJII: Pengguna Internet di Indonesia Capai 171,17

Juta Sepanjang 2018. Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/pengguna-internet-indonesia-2018

Nursatyo. (2014). Daya Tarik Pesan Komunikasi Pemasaran di Media Sosial The

Attractiveness Of Marketing Communication Messages in Social Media. Universitas Nasional Jakarta.

Ramdhani, J. (2020). Ulama Upayakan Pakai Media Sosial sebagai Medium Dakwah.

Diakses Pada Tanggal 8 Mei 2020. https://m/detik.com/news/berita/d-3354863/ulama-upayakan-pakai-media- sosial-sebagai-media-dakwah

Rakhmawati, I. (2014). Tantangan Dakwah di Era Globalisasi. Jurnal Addin, 8(2), 391-408.

Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. PT Rajagrafindo Persada

Sigit, A. (2019). Dakwab Era Milenial Harus Konkkstual. krjogja.com.

https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/dakwah-era-milenial-harus- kontekstual/

Sumadi, E. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi.

At Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 173–189.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Andini, I. P., Hamida, F. N., & Faristiana, A. R. (2023). PERUBAHAN DAKWAH DI ERA DIGITAL. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(2), 302–314. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i2.375