Respon Mahasiswa Iai Al-Aziz Dalam Menanggapi Konten Dakwah Islam di Media Sosial Tiktok

Authors

  • Tia Nur Amrina Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Zalfa Mufidah Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Zidan Khoirul Azmi Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Meity Suryandari Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.152

Keywords:

Media. Dakwah, Tiktok

Abstract

Aplikasi TikTok memang dikenal sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membagikan berbagai video pendek. Selain itu, Tiktok merupakan platform penyedia video pendek yang tengah digandrungi masyarakat millenial dari segala kalangan, termasuk mahasiswa. Dengan adanya dakwah melalui tiktok juga bisa membantu kita yang masih belajar dalam memperdalam agama kita, kita bisa dengan senang dan ikhlas mendengar dan menerima ajaran-ajaran dakwah islami melalui tiktok. Walaupun begitu terlepas benar atau salahnya rujukan yang digunakan dalam konten-konten dakwah tersebut kita sebagai orang awam jangan lah hanya terpaku pada pada ajaran-ajaran yang ada pada tiktok. Tetapi bagaimana kita merespon konten dakwah Islam yang ada. Berangkat dari hal tersebut, penyusun ingin mengetahui respon mahasiswa IAI Al-Aziz dalam menanggapi konten dakwah di media sosial Tiktok. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif jenis survei. Metode survey merupakan penelitian yang sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari responden sebagai sampel penelitian dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen pengumpulan data. Data diperoleh dengan membagikan Angket kepada para mahasiswa yang mempunyai aplikasi Tiktok. Mahasiswa diminta kesediannya untuk mengisi kuesioner yang sudah dibagikan secara daring dengan Link Google Form. Dengan hasil responden rata-rata mempunyai aplikasi Tiktok dan sering menggunakannya sebagai hiburan bagi mereka. Konten kreator dakwah yang sering fyp di Tiktok para responden ialah Ustad Adi Hidayat dan Ustad Hanan Attaki. Penggunaan aplikasi tiktok dinilai sangat berpengaruh bagi para responden. Meskipun mereka menontonnya hanya ketika sedang fyp saja.

References

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 105-110.

Hidayati, D. L., & Fahlevi, R. (2020). Dakwah di Tengah Pandemi (Studi terhadap Respons Dai di Media Sosial). Lentera, IV, 170-185.

Islam, E. S., & Turhamun. (2022). Pesan Dakwah Melalui Konten Tiktok (Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Akun Tiktok @teungkusakhra.ay. Selaras KPI : Referensi Media Komunikasi dan Dakwah, 75-90.

Parhan, M., Khaerunnisa, A., Umar, M. S., & Hanifa, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah di Kalangan Mahasiswa Muslim UPI. Hikmah, 16, 113-130.

Saputra, R., Yuniarti, R., & Gunawan. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Blended Learning Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Journal of Science and Sosial Research, IV, 283-290.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Tia Nur Amrina, Zalfa Mufidah, Zidan Khoirul Azmi, & Meity Suryandari. (2023). Respon Mahasiswa Iai Al-Aziz Dalam Menanggapi Konten Dakwah Islam di Media Sosial Tiktok. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 87–112. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.152