Pengaruh Konten Dakwah Terhadap Gen Z dan Milenial (Generasi Muda)

Authors

  • Weny Maulida Nabila Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Silmi Fadhilatunnisa Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Muhammad Irgi Alamsyah Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Meity Suryandari Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.145

Keywords:

Generasi Milenial. Dakwah, Islam.

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan menggunakan metode kuesioner yang bertujuan mengetahui; (1) Seberapa besar pengaruh konten dakwah terhadap generasi milenial. (2) faktor-faktor apakah yang mempengaruhi generasi milenial untuk menyebarkan konten dakwah. (3) Bagaimana generasi milenial mempersiapkan konten dakwah yang lebih baik. Teknik pengumpulan data adalah pertama-tama membagikan kuesioner berupa g-form yang berisi pertanyaan tentang konten yang banyak digemari oleh generasi milenial dan alasan menyukai konten tersebut, peneliti melakukan metode kuesioner yang dibagikan kepada responden untuk mengetahui pengaruh konten dakwah terhadap generasi milenial, Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kualiitatif melalui analisa data yang dihubungkan dengan materi dakwah yang disukai oleh generasi milenial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka hasil penelitian ini dapat menunjukkan sebagai berikut: Pengaruh konten dakwah terhadap minat dan motivasi generasi milenial adalah mereka bisa mengetahui ajaran Islam yang dikemas dengan tampilan menarik dan unik yang dinilai dari segi penyampaian yang bisa mengibur dan mengedukasi dengan baik, dengan begitu  generasi milenial dapat membuka pikiran sehingga bisa mempersiapkan hal apa saja yang harus dilakukan dalam membangun konten dakwah yang lebih baik kedepannya.

References

Agama, K. (2013). Al-Qur'an Tafsir Per Kata Al Ahkam. Jakarta: PT Suara Agung Jakarta.

Azis, M. A. (2017). Ilmu Dakwah. Jakarta: KENCANA.

Hani Subakti, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Ilaihi, W. (2010). Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ismail, A. I. (2018). The True Da'wa: Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial. Jakarta: KENCANA.

Lestari, P. P. (2020). DAKWAH DIGITAL UNTUK GENERASI MILENIAL. Jurnal Dakwah.

Muhammad Parhan, D. (2022). Analisis Metode dan Konten Dakwah yang diminati pada Remaja. Jurnal Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) Vol. 22 No. 1, 65-75.

Naufel, A. (2021). The Miracle of Sabar. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

RI, D. A. (2008). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Penerbit Diponigoro.

Sutrisno, E. (2021). Dakwah Digital di Era Milenial. Malang: Guepedia.

Umrati, H. W. (2020). Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wahidin, S. (2012). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widiawati, N. (2020). Metodologi Penelitian Komunikasi dan Penyiaran Islam. Tasikmalaya: EDU Publisher.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Weny Maulida Nabila, Silmi Fadhilatunnisa, Muhammad Irgi Alamsyah, & Meity Suryandari. (2023). Pengaruh Konten Dakwah Terhadap Gen Z dan Milenial (Generasi Muda). ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 09–21. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.145