Pengembangan Desain Instruksional Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtida’iyah

Authors

  • Siti Kholidatur Rodiyah Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v3i2.267

Keywords:

penelitian pengembangan, disain pembelajaran, pendidikan Islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi model pengembangan desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan oleh Walter Dick & Lou Carey dengan 9 langkah pengembangan rancangan pembelajaran: (1) Mengidentifikasi tujuan pengajaran; (2) Melakukan analisis instruksional; (3) Mengidentifikasi perilaku/karakteristik awal siswa; (4) Merumuskan tujuan kinerja; (5) Pengembangan tes referensi benchmark; (6) Pengembangan strategi pengajaran; (7) Pengembangan atau memilih untuk mengajar; (8) Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif; dan (9) Pengajaran revisi. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan desain pembelajaran menuntut tercapainya kompetensi abad 21 seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Berdasarkan tuntutan tersebut, pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus berbasis multimedia.

References

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005.

Briggs, Leslie, J., Instruksional Design: Prinsiples and Aplication, Educational Technology Publicatios: Englewood Cliffs, N.J., 1979.

Darmawan, Deni, Teknologi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Dick, Walter & Carey, Lou, The Systematic design of Intrustion, Boston: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data, 1937.

Donal P., Ely, Instruksional Design & Development, (New York: Syracuse University Publ., 1978.

Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, Bandung: PT. Alumni, 1986.

Hamim, Nur dkk., Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Sertifikasi Guru/Pengawas dalam Jabatan Kuota 2011, Surabaya: LPTK. Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2011.

Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah. Jakarta: 2019

Miarso, Yusufhadi dkk., Definisi Teknologi Pendidikan: Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1994. Diterjemahkan dari buku aslinya “The Definition of Educational Technology” dengan izin khusus dari AECT (Association for Educational Communications and Technology)

Robert L., Baker, & R. Schutz, Richard, Instructional Product Development, New York: Van Nostrand Reinhold Company, 1971.

Salma Prawiradilaga, Dewi dan Siregar, Eveline, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Seels, Barbara B. & Richey, Rita C., Instructional Technology the Definition and Domains of the Field, Washington DC: AECT, 1994.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Siti Kholidatur Rodiyah. (2023). Pengembangan Desain Instruksional Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtida’iyah. Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 11–19. https://doi.org/10.55606/ay.v3i2.267

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.