STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SECARA DARING (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu)

Authors

  • Ahmad Hata UIN SATU Tulungagung
  • Abd.Aziz UIN SATU Tulungagung
  • Imam Fuadi UIN SATU Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.38

Keywords:

Strategi Guru, Kemandirian Belajar, Model Daring.

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh  kemandirian  pada siswa di era pandemic covid 19 ini, karena dalam pembelajaran daring   belum sepenuhnya bisa di terima oleh siswa terkendala dengan sinyal yang kurang bagus. Namun guru selalu berusaha untuk melakukan inovasi pembelajaran, agar pembelajaran daring   dapat diterima oleh siswa dengan baik.   Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1). wawancara, (2). observasi, (3). dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dari kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu  dilakukan dengan  proses pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan   berkaitan dengan kehidupan dan menyangkut aktivitas yang dilaksanakan siswa, sehingga siswa diharapkan dapat menggali materi tersebut berdasarkan inisiatif dan kreativitasnya dan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami disini lebih ditunjang dalam hal ke sarana atau fasilitas dari sekolah pada siswa.    2) Strategi guru dalam meningkatkan ketrampilan belajar di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi ini dalam penyajiannya di kelas, utamanya dalam proses belajar mengajar harus terencana yang tersusun dalam bentuk program persiapan yaitu mempersiapkan materi pembelajaran, merumuskan tujuan yang hendak dicapai, mempersiapkan alat-alat atau media yang diperlukan, mengatur tempat dan memperkirakan waktu yang akan dipergunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi.   Selain itu  Strategi guru  dalam meningkatkan ketrampilan belajar di MTs Qomarul Hidayah, yang dilakukan dengan  pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran PAI meliputi persiapan pembelajaran, penyajian materi, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan terhadap hasil kerja kelompok, siswa mengerjakan soal-soal tes secara individual, pemeriksaan hasil tes dan penghargaan kelompok.   3) Strategi guru dalam meningkatkan refleksi belajar   di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu yang dilakukan    dapat membantu  siswa memahami materi berdasarkan pengalaman  yang  dimiliki  sehingga mereka memiliki  kemampuan menganalisis pengalaman  pribadi  dalam  menjelaskan  materi  yang  dipelajari.  

References

Arifin, M. (2010).Kepemimpinan dan Motivasi Kerja, Yogyakarta: Teras.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI), Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aziz, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital, Islamisasi Ilmu Pengetahuan di Era Revolusi Industri 4.0, 1(2) 308-309.

Faisal, S. (1990). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi, Malang: YA3.

Fitri, A. Z. dan Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development, Malang: Madani Media.

Hadi, S. (1989). Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offser.

Handriyantini, E. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif dan Menyenangkan, Malang: Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang, 3.

Ika. S, (2020). “Penerapan Metode Diskusi dalam PembelajaranKeterampilan Berbicara pada Siswa Kelas Viii MTSN4 Palu”. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1)

Indriyani, F., & Yusnani. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 90–96.

Irawan, P. (1999). Logika dan Prosedur Penelitian: Pengantar Teori dan Panduan Praktis Penelitian Sosial bagi Mahasiswa dan Peneliti Pemula, Jakarta: STAIN.

Kuntjojo, (2010). Model-Model Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta : PT Grasindo.

Magdalena, I., Azhari, N., Sulistia, H. (2020), Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif, Menyenangkan Di SD Negeri 1 Pegagan Lor, Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 311

Margono, S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Munir, (2011). Pembelajaran Digital, Bandung: Alfabeta,

Nabila, H., & Sulistiyaningsih, D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA Negeri 9, 62–71.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3) 265-276.

Riyanto, Y. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya: SIC, hal.24

Solihatin, E. (2007). Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (1998). Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto, (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yin, R.K. (1987), Case Study Research: Design and Methods, (Beverly Hills: Sage Publication.

Downloads

Published

2022-10-24

How to Cite

Ahmad Hata, Abd.Aziz, & Imam Fuadi. (2022). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SECARA DARING (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Tugu dan MTs Qomarul Hidayah Tugu). Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 77–91. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.38

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.