Internalisasi Nilai-Nilai Wasaţiyyah Kitab Al-Khāśaiś Al-‘Āmmah Li Al-Islām Dalam Membentuk Karakter Moderat Di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Jember
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v4i1.22Keywords:
Internalisasi, Wasaţiyyah, Karakter Moderat, al-Khāśaiś al-‘Āmmah li al-IslamAbstract
Pendidikan Islam yang moderat dapat mencegah peserta didik untuk berperilaku radikal baik dalam sikap maupun pemikiran, sehingga out-put dari lembaga pendidikan Islam dengan adanya pendidikan Islam berbasis moderasi ini dapat berimplikasi kepada pemahaman semua umat Islam untuk menerima segala bentuk perbedaan dalam keagamaan dan dapat menghargai keyakinan yang diyakini oleh orang lain. Pondok Pesantren Nurul Qarnain Jember merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tradisional yang berpahamkan ahlus sunnah wal jamā’ah, Iklim moderasi dalam kehidupan di lingkungan pesantren sangat terasa sekali. Mulai dari kurikulum pesantren yang sangat berhati-hati agar tidak menjadi penyebab serta menjadi sarana menyebarnya paham radikalisme, juga beberapa aturan yang lebih kepada tindakan preventif (sadz al-dzari’ah). Berdasarkan inilah, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih mendalam tentang internalisasi nilai-nilai wasaţiyyah kitab al-Khāśaiś Al-‘Āmmah li al-Islām dalam membentuk karakter moderat di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Jember. Tujuan penelitian ini untuk: 1) menganalisis bentuk nilai-nilai wasaţiyyah dalam kitab al-Khāśaiś Al-‘Āmmah li al-Islām; dan 2) menganalisis proses internalisasi nilai-nilai wasathiyah dalam kitab al-Khāśaiś Al-‘Āmmah li al-Islām dalam membentuk karakter moderat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research), yaitu di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Jember. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan tiga cara: triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan peningkatan ketekunan.