Implementasi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di Madrasah Idtidaiyah

Authors

  • Muwafiqus Shobri STAI Hasan Jufri Bawean
  • Farahiyatin Nisa’ STAI Hasan Jufri Bawean
  • Jamaliyah Firdaus STAI Hasan Jufri Bawean

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.30

Keywords:

Manajemen, Pemasaran Pendidikan, Peserta Didik, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian di MINU 04 Daun II Sangkapura Bawean Gresik. Dalam penyelenggaraan pendidikan, terjadi berbagai fenomena menarik terutama saat penerimaan peserta didik baru persaingan antar madrasah semakin kompetitif. Pengelolaan pendidikan yang efektif sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan-persaingan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya manajemen pemasaran pendidikan yang baik untuk bersaing dengan madrasah yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik baru dan mengetahui berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas (triangulasi sumber). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi manajemen pemasaran pendidikan telah dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung; yang secara langsung seperti pemanfaatan teknologi digital pemasaran pendidikan secara online di media sosial, pemasangan spanduk di pinggir jalan, penyebaran brosur, sosialisasi kepada wali murid dan mengikuti berbagai even lomba sedangkan pemasaran yang secara tidak langsung seperti sedekah di hari kartini dan bakti sosial. Adapun Faktor pendukungnya yaitu tenaga pendidik yang profesional sesuai dengan kualifikasi di bidang keahliannya masing-masing, pelayanan pendidikan yang ekstra terhadap peserta didik diberikan oleh madrasah, biaya pendidikan yang relatif murah dan terjangkau, adanya kegiatan agamis yang tidak dimiliki oleh madrasah sekitar seperti menghafal al-qur’an juz 30, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: sarana prasarana kurang lengkap seperti tidak tersedianya projektor perkelas, persaingan antar sekolah yang semakin ketat, lokasinya kurang strategis dan tidak adanya tim khusus pemasaran pendidikan yang berdedikasi.

References

Agama, K. (2022, June 12). Qur’an Kemenag. Kementerian Agama RI. https://quran.kemenag.go.id

Arifin, J., & Aziz, A. (2009). Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press.

Bastian, Z. (2022). Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan menjadi siswa di lembaga pendidikan dan pelatihan Ariyanti Bandung. Indonesian Journal of Office Administration, 4(1), 1–8.

Elytasari, S. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan untuk Meningkatkan Kepercayaan (Trust) Stakeholders di TK Amal Insani Depok Yogyakarta. Jurnal Warna, 1(1), 117–154.

Gojali, T. (2019). Strategi Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018 Politeknik Tmkm Karawang. Media Mahardhika, 17(2), 372–382.

Hidayat, R., & Candra Wijaya, M. P. (2017). Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Leli, M. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Prespektif Islam. At-Tasyri’iy: Jurnal Prodi Perbankan Syariah, 2(1), 27–43.

Mundir, A. (2015). Strategi pemasaran jasa pendidikan madrasah. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).

Murwati, E. (2017). Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam. Tesis program.

Rais, M. (2013). Manajemen Marketing Pendidikan Madrasah Strategi Mewujudkan Madrasah Yang Marketable. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Shobri, M., & Jaosantia, J. (2021). Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi Islam. Proceedings of Annual Conference on Islamic Educational Management, 746–761.

Swastha, B., & Sukotjo, I. (2002). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjipto, F. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 19–67.

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Shobri, M., Nisa’, F., & Firdaus, J. (2022). Implementasi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di Madrasah Idtidaiyah. Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 12–22. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.30

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.