Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Jaya Negara Makassar
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v4i1.33Keywords:
model pembelajaran, inkuiri terbimbing, hasil belajar.Abstract
Penelitian ini dirancang dengan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-eksperimental Design yaitu One Group Pretest-posttest Design atau menggunakan satu kelas eksperimen atau perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes evaluasi belajar dan angket respon siswa. Hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia di SMA Jaya Negara Makassar mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest 30,64 menjadi rata-rata posttest 81,36 dengan nilai N-Gain yaitu 0,73 dan analisis pada uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia di SMA Jaya Negara Makassar adalah positif dengan rata-rata persentase siswa yang menjawab ya sebesar 77,2%.References
Effendy. (2017). Molekul, Struktur, dan Sifat-Sifatnya. Indonesian Academic Publishing.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Febriana, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Dunia Kerja Pada Program D3 Tata Boga. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 148–155. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8891
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671.
Kang, J., & Keinonen, T. (2017). The effect of student-centered approaches on students’ interest and achievement in science: Relevant topic-based, open and guided inquiry-based, and discussion-based approaches. Research in Science Education, 1–21. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9590-2
Megita Rani, N. M. A., Ardana, I. K., & Oka Negara, I. G. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(3), 345. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676
Subagyo, Y., Wiyanto, W., & Marwoto, P. (2012). Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan penguasaan konsep suhu dan pemuaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i1.999
Sugiyono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suratijo. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA N 1 Penengahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UM, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.337.
Udiani, N. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Arnyana, I. B. P. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA dengan mengendalikan keterampilan proses sains siswa kelas IV SD no.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Jurnal Penelitia Pascasarjana Undiksa, 7(1). Retrieved from http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/vi ew/2242
Yuniastuti, E. (2013). Peningkatan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. EDUCATIONIST: Jurnal Kajian Filosofi, Teori, Kualitas, Dan Manajemen Pendidikan, 14(1). Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/viewFile/3509/2489