UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTESIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI TAYEM 01

Authors

  • Alfi Mukhlis Kurniawan STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v2i2.259

Keywords:

Keterampilan Membaca, Model Pembelajaran PQ4R

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca peserta didik melalui model pembelajaran PQ4R dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Tayem 01. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Negeri Tayem 01 yang berjumlah 17 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca peserta didik kelas V SD Negeri Tayem 01. Diketahui hanya 5 orang dari 17 peserta didik yang mendapat nilai di atas KKM ≥ 70. Penyebab rendahnya keterampilan membaca siswa disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya peserta didik merasa kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Indonesia dan kurangnya variasi model pembelajaran. Dengan demikian, peneliti perlu melakukan tindakan untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui keterampilan membaca peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum dilakukan tindakan diperoleh 29,4%. Pada siklus I keterampilan membaca peserta didik terjadi peningkatan dengan presentase 47%. Sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan keterampilan membaca peserta didik mencapai 82,3%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas V SD Negeri Tayem 01 dalam pembelajaran bahasa Indonesia.          

References

Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, Zaenal. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Teori Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset

Aunillah, Nurla Isna. (2015). Membentuk Karakter Anak Sejak Janin. Yogyakarta: Flashbooks

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogykarta

Fitriani. (2017). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Big Book Pada Siswa Kelas IIIB SD Negeri Jageran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Hayati, Nur. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Buku Referensi Mata Pelajaran Sosisologi Siswa SMA Negeri 1 Sukorejo Kendal Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Krismapera. (2018). Karakteristik Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.

Lestari, Mega. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Cibuntu 06 Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Islam 45 Bekasi

Nafi’ah, Siti Anisatun. (2018). Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Ngalimun, dan Noor Alfulaila. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswajja Pressindo

Prasetiyani, Ikom. (2019). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di TK Masyithoh 25 Sokaraja. Skripsi. IAIN Purwokerto

Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyanto. (2011). Karakteristik Anak Usia SD.

Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2020-10-05

How to Cite

Alfi Mukhlis Kurniawan. (2020). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTESIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI TAYEM 01. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 31–41. https://doi.org/10.55606/ay.v2i2.259

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.