UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTESIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI TAYEM 01
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v2i2.259Keywords:
Keterampilan Membaca, Model Pembelajaran PQ4RAbstract
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca peserta didik melalui model pembelajaran PQ4R dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Tayem 01. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Negeri Tayem 01 yang berjumlah 17 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca peserta didik kelas V SD Negeri Tayem 01. Diketahui hanya 5 orang dari 17 peserta didik yang mendapat nilai di atas KKM ≥ 70. Penyebab rendahnya keterampilan membaca siswa disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya peserta didik merasa kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Indonesia dan kurangnya variasi model pembelajaran. Dengan demikian, peneliti perlu melakukan tindakan untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui keterampilan membaca peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum dilakukan tindakan diperoleh 29,4%. Pada siklus I keterampilan membaca peserta didik terjadi peningkatan dengan presentase 47%. Sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan keterampilan membaca peserta didik mencapai 82,3%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas V SD Negeri Tayem 01 dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
References
Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aqib, Zaenal. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Teori Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset
Aunillah, Nurla Isna. (2015). Membentuk Karakter Anak Sejak Janin. Yogyakarta: Flashbooks
Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogykarta
Fitriani. (2017). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Big Book Pada Siswa Kelas IIIB SD Negeri Jageran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Hayati, Nur. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Buku Referensi Mata Pelajaran Sosisologi Siswa SMA Negeri 1 Sukorejo Kendal Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Krismapera. (2018). Karakteristik Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.
Lestari, Mega. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Cibuntu 06 Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Islam 45 Bekasi
Nafi’ah, Siti Anisatun. (2018). Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Ngalimun, dan Noor Alfulaila. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswajja Pressindo
Prasetiyani, Ikom. (2019). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di TK Masyithoh 25 Sokaraja. Skripsi. IAIN Purwokerto
Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyanto. (2011). Karakteristik Anak Usia SD.
Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana