KEEFEKTIFAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS KARAKTER PADA KETERAMPILAN LITERASI KELAS IV SD N SINDANGBARANG 06
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v2i1.255Keywords:
Keterampilan literasi, media pop up bookAbstract
ABSTRAK : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar keterampilan literasi antara kelas yang diberikan media pembelajaran berupa pop up book dengan kelas yang diberikan media pembelajaran berupa gambar pada peserta didik kelas IV dan penggunaan media pop up book dalam pembelajaran keterampilan litersi. Penelitian ini dilakukan di SD N Sindangbarang 06 dan SD N Tayem Timur 04. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 peserta didik yang terdiri dari 1 kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 15 anak dan 1 kelas sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar keterampilan litersi peserta didik sebelumnya dan teknik tes untuk memperoleh hasil belajar keterampilan literasi peserta didik. Angket digunakan untuk mengetahui penggunaan media pop up book pada kelas eksperimen. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan menganalisis korelasi skor butir dengan skor total yang diolah dengan menggunakan bantuan program komputer Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar keterampilan literasi peserta didik kelas IV SD N Sindangbarang 06 kelompok yang menggunakan media pop up book lebih tinggi dari pada kelompok yang menggunakan media gambar. Hasil uji tpairedsample test pada kelompok eksperimen memperoleh nilai t hitung 12,854 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikan a = 0,05 diperoleh t tabel dengan derajat bebas (df) 14 menunjukan angka sebesar 1,761. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar keterampilan literasi secara signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol karena t hitung > t tabel (12,854 > 1,761). Sedangkan penggunaan media pembelajaran pop up book pada keterampilan literasi peserta didik kelas IV SD Negeri Sindangbarang 06 yaitu memiliki presentae 91% dengan kategori sangat baik .Artinya dalam proses pembelajaran peserta didik sangat antusias dan dapat menerima proses pembelajaran dengan menerapkan media pop up book.
References
Abidin, Y .,Mulyati, T & Yunansah, H . (2018). Pembelajaran Literasi. Bandung: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Bluemel, Nancy Larson, & Tayalor, Rhonda Harris. (2012). Pop-UPBooks: A Guide for Teachers and Librarians. California: ABC-CLIO, LLC.
Djijar, C.D. (2015). Efektivitas Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang.Skripsi. Universitas Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Fadilah,R.(2016). Buku Pop Up Book Untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar.Journal Vol.30.Universitas Negeri Jakarta.Jalan Setiabudi Jakarta Selatan.
Hanifah, Tisna Umi. (2014). Pemanfaatan Media Pop-up Book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). Early Childhood Education Papers (BELIA), 3(2): 46-54.
Haryanti, A. (2017). Keefektifan Media Pop Up Book Pada Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas V SD Negeri Di Gugus Diponegoro Karangrayung Grobogan. Skirpsi. Universitan Negeri Semarang, Semarang.
Haryanto. (2011). Pendidikan Karakter Menurut Ki hajar Dewantara. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Jakni. (2017). Metodologi Penelitian Eksperimen bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Khomah, I .,Istiyati, S., & Daryanto, J. (2017). Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. ISBNN: 2337.8786. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Nusa Media.
Muthoifin & Jinan Mutohharum. (2015). Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara: Studi Kritis Pemikiran Karakter dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islam.Jurnal. Universitas Muhammadiyah Surakarta.Surakarta
Nauli,V.Chairilsyah,D.,&Risma, D.(2018). Pengaruh Penggunaan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Melati Kandis, Kecamatan Siak.Skripsi.Universitas Riau.Riau.
Organization for Economic Cooperation and Development. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds Know and What They Can Do with Wath They Know. (Online).
Solichah, L.A. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IVSD N Wonoplintahan li Kecamatan Prambon. Skripsi.Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Pribadi, B . A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan. 2012. Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional PIRLS 2011. Laporan hasil penelitian (Online),(http://litbang.kemdikbud. go.id/).
Saryono, D., dkk. (2017). Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kemendikbud.
Sismulyasih, N.(2018).Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Peserta Didik SD.Skripsi.Universitas Negeri Semarang.Semarang.
Sugiyono. (2018). Media Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhana.(2010).Media Pembelajaran.Bandung.Alfabeta.
Solichah, L.A. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bnagun Datar Kelas IVSD N Wonoplintahan di Kecamatan Prambon.Skripsi.Universitas Negeri Surabaya.Surabaya.
Sumantri,M .& Syaoduh,N.(2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta:Universitas Terbuka.
Sunarto & Hartono, A. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulaiman, U. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Dalam Pembelajaran Terhadap Keterampilan Literasi Peserta didik Kelas Awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-BantaengMakassar. Skripsi. Makasar.