PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMBAKMULYA

Authors

  • Astuti Tri Utami Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mujiyem Sapti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.35

Keywords:

Blended Learning; Metode NHT (Numbered Head Together); Keaktifan Dan Hasil Belajar; Bangun Datar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran Blended Learning dengan metode Numbered Head Together (NHT) materi bangun datar kelas IV SD Negeri 1 Tambakmulya Tahun Ajaran 2021/2022 2) Meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran Blended Learning dengan Metode Numbered Head Together (NHT) pada materi bangun datar di kelas IV SD Negeri 1 Tambakmulya Tahun Ajaran 2021/2022. 3) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran Blended Learning dengan metode Numbered Head Together (NHT) pada materi bnagun datar di kelas IV SD Negeri 1 Tambakmulya Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester II dengan dua siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tambakmulya berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh yaitu analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis keaktifan siswa, dan analisis hasil belajar. Analisis data dihitung menggunakan nilai rata-rata menggunakan persamaan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan  sebagai berikut: Keterlakasanaan pembelajjaran pada siklus I terdapat presentase 77%, meningkat pada siklus II yaitu 95%. Keaktifan siswa pada siklus I diperoleh 53% kategori kurang aktif meningkat pada siklus II diperoleh 83% kategori aktif. Sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus I diperoleh rerata 71 dengan presentase 50% dengan kategori sedang dari 24 siswa yang mengikuti tes evaluasi, meningkat pada siklus II diperoleh rerata 84 dengan presentase 83% dengan kategori tinggi dari 24 siswa yang mengikuti tes evaluasi. Jadi, hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan rerata dari siklus I dan siklus II sebesar 33%. Dengan demikian bahwa penerapan pembelajaran Blended Learning dengan Metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambakmulya.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hutauruk, P. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. Journal Education School. Vol8No.2.

https://www.researchgate.net/publication/327626964_MENINGKATKAN_HASIL_B ELAJAR_SISWA_DENGAN_ALAT_PERAGA_PADA_MATA_PELAJARAN_IP A_KELAS_IV_SDN_NOMOR_14_SIMBOLON_PURBA

Kharis, A. (2019). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran picture and picture berbasis IT pada tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). http://ejournal.undiksha.ac.id/JJPGS/article/view/19387.

Kurniasih. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Ningsih, Wahyu. E. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Belajar Siswa Kelas IV SD Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bungo. State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Onta, M. R. Efektivitas Penerapan Model Blended Learning dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ-A SMK ASISI Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Skripsi.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika,2(1),36-40.

http://www.neliti.com/id/publications/287946/pengaruh-model-pembelajaran-talking- stick-terhadap-keaktifan-belajar-siswa.

Saputra, J., & Priskawati, D. 2020. Blended Learning Solusi Pembelajaran New Normal Untuk Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0” Didaxei, 1(2).

Setiawan, B., & Iasha, V. 2020. Pandemi Covid-19: Pengaruh Pembelajaran Full-Online Bagi Sekolah Dasar Di Pedesaan.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 6.2 (2020):114-123

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Astuti Tri Utami, Mujiyem Sapti, & Titi Anjarini. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMBAKMULYA. Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 44–54. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.35

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.