Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pengembangan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas V SD Negeri bener 03 Majenang

Authors

  • Cahya Neda Yani STKIP Darussalam Cilacap
  • Fitrian Prila Wardani STKIP Darussalam Cilacap
  • Devy Riri Yuliani STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v2i1.254

Keywords:

Pramuka, Pengembangan Karakter, Disiplin Peserta Didik

Abstract

Abstrak : Untuk mengembangkan karakter disiplin tidak cukup hanya mengandalkan proses kegiatan belajar mengajar di kelas saja, melainkan dengan adanya tambahan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat mengembangkan sikap kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan dampak kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pengembangan karakter disiplin peserta didik kelas v sd negeri bener 03 majenang kepribadian peserta didik kelas V SD Negeri Bener 03 Majenang.. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan peserta didik kelas V golongan pramuka penggalang sebanyak 19 anggota yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah hasil dari wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai bukti penelitian.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pengembangan karakter disiplin peserta didik kelas V SD Negeri Bener 03 Majenang berdampak pada perubahan yang terjadi secara signifikan pada peserta didik mencapai 89.9% dan sesuai dengan tujuan dalam kepramukaan. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya 3 indikator disiplin sebagai acuan dalam pelaksanakaan kegiatan pramuka pada peserta didik kelas V SD Negeri Bener 03 Majenang. Disiplin dalam menepati jadwal pelajaran, disiplin dalam berpakaian dengan memakai perlengakapan atribut dan disiplin dalam dalam berbicara yang sopan kepada siapa saja terutama kepada orang yang lebih tua. Dengan dilakukan berbagai strategi dan metode yang dilakukan untuk mengembangkan karakter disiplin, dengan melalui pembiasaan, penerapan reward dan punishment yang dilakukan pembina pramuka setiap kegiatan dengan mengkondisikan pada setiap tindakan, pelatihan dan praktik dalam mengembangkan karakter disiplin.

References

Ariani, Dewi. (2015). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka. Manajer Pendidikan .9 (1).65- 74.

Damanik, Saipul Ambri. (2014).Pramuka Ekstrakulikuler Wajib Di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan. 13(2).16-21.

Kompri. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta. Ar- Ruzz Media.

Kurnia, Siti. (2017). Landasan, Asas, dan Kedisiplinan Kepramukaan. Jakarta.PT. Gading Inti Prima

Nuraini, Nida. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kepramukaan Di MI Ma’Arif Teluk Kecamatan Purwekerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun 20I6/20I7. Skripsi. Hmu Tarbiyah dan Keguruan.Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.Institut Agama Islam Negri (IAIN) Purwekerto.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomer 81A tahun 2013.

Syukur, Abdul. (2014). Pedoman Penyelenggaraan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan di Satuan Pendidikan.

STKIP Darussalam Cilacap. (2019).Pedoman Penulisan Skripsi .Cilacap: STKIP Press.

Undang-undang sistem pendidikan nasional, nomor 20 tahun 2003 pasal 3

Downloads

Published

2020-05-06

How to Cite

Cahya Neda Yani, Fitrian Prila Wardani, & Devy Riri Yuliani. (2020). Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pengembangan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas V SD Negeri bener 03 Majenang. Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.55606/ay.v2i1.254

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.