PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI TAYEM 01 KECAMATAN KARANGPUCUNG
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v2i2.257Keywords:
Ekstrakurikuler, pramuka, kecerdasan, kinestetikAbstract
Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap kecerdasan kinestetik peserta didik kelas IV SD N Tayem 01 Kecamatan Karangpucung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepasifan peserta didik dan kurang antusiasnya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran baik bidang akademik maupun non akademik khususnya kelas IVdi SD N Tayem 01.
Berdasarkan hasil perhitungannya diperoleh uji t kecerdasan kinestetik 11,824 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikan a = 0,05 menunjukkan angka sebesar 1,675 . Jadi nilai t hitung > t tabel (11,824 > 1,675), maka ekstrakurikuler pramuka dapat berpengaruh tehadap kecerdasan kinestetik. Hal ini mengindikasikan bahwa media ini dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik.
Jadi melalui hitungan statistik menggunakan uji t yang diolah menggunakan SPSS 16,0 for Windows tersebut secara keseluruhan menyatakan bahwa ekstrakurikuler pramuka memberikan pengaruh terhadap kecerdasan kinestetik peserta didik.
References
Aqib, Z & Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia . Bandung: Kaifa.
Chatib, Munif. 2014. Gurunya Manusia. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Herhyanto, Nar. 2013. Statistika Pendidikan. Tangerang: Universitas Terbuka.
Izzaty, R.E dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Pusdiklatda DIY Wirajaya.
Kurnia, S. 2019. Landasan, Asas, dan Kedisiplinan Kepramukaan
Mempersiapkan siswa Meraih Prestasi. Jakarta: PT. Gading Inti Prima. Melinda. E.S. (2013). Pendidikan Kepramukaan: ImplementasiPendidikan Khusus. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan(Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008)
Menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993(Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 1993)
Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pasal 2. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2012:3)
Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2012:3)
Pusdiklatda DIY Wirajaya. 2012. Buku Panduan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Yogyakarta: PGSD FIP UNY.
Putri Nur, O. 2019. Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Dalam MengembangkanKecerdsan Kinestetik Siswa Di Mi Pas Baitul Qur ’an Ponorogo.
PDFrepository.iainponorogo.ac.id Rahayu, N. 2018. Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Di Mi Negeri 1 Purbalingga Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga. PDFrepository.iainpurwokerto.ac.id Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Sundari, S. A. 2015. Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V Sd Di Gugus Sugarda Kecamatan
Kalimanah. PDFj ournal student. uny. ac.id
Suyatmi, T. 2016. Ayo Mengenal Pramuka Siaga. Klaten: CV. Mitra Media Pusaka.
Syamsiah, S. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Games Ball (Permainan Bola) Pada Anak Kelompok Bermain Masjid Syuhada. PDFrepository.uny.ac.id
Wahyu Bawa, A.A. 2011. Penjelajahan dan Perkemahan. Tangerang: PT. Pantja Simpati.
http://www.pelajaran.co.id. Macam-Macam Instrumen Penelitian Dan Pengertian Menurut Ahli. Diakses tanggal 24 Mei 2019, pukul 21.19 WIB