PERAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SD NEGERI WRINGINHARJO 02

Authors

  • Meni Setianingsih STKIP Darussalam Cilacap
  • Devy Riri Yuliani STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v2i2.258

Keywords:

Peran Orang Tua, Disiplin Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SD Negeri Wringinharjo 02. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah orang tua peserta didik kelas IV SD Negeri Wringinharjo 02 sebanyak 10 orang tua. Subjek penelitian ini dipilih secara Simple Random Sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua 90% berperan sebagai pendidik., 90% berperan sebagai fasilitator., 100% berperan sebagai motivator., 100% berperan sebagai pengarah., 90% berperan dalam ketaatan terhadap belajar di rumah, dan 90% berperan dalam ketaatan terhadap tugas di rumah. Dapat disimpulkan bahwa peran orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik berperan dengan cukup baik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SD Negeri Wringinharjo 02. Orang tua mengajarkan disiplin belajar di rumah dengan mengajarkan kemandirian dalam belajar, belajar ketika ada tugas maupun tidak ada tugas, dan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Orang tua juga berperan sebagai pendidik, fasilitator, motivator, dan pengarah. Dengan demikian peran orang tua di rumah dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik.

References

Elvira, B., Sukmanasa, E., & Muhajang, T. (2019). Peran Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 02(02), 87-90.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Diakses melalui http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/r ead-news/surat-edaran-mendikbud nomor-4-tahun-2020 pada tanggal 1 Februari 2021.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novita, L., & Agustina, A. (2018). Bimbingan Orang Tua Dengan Disiplin Siswa. P E D A G O N A L, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 01-14.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Qura, VI(2), 20-35.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif, 11-24.

Roshonah, A, F., Putri, S, A, D., & Yulianingsih, I (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Daring Di Rumah. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/se mnaslit. 1-7.

Wulandari, W., Zikra, & Yusri. (2017). Peran Orangtua dalam Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia – JPGI, 2(1), 24-3

Downloads

Published

2020-10-05

How to Cite

Meni Setianingsih, & Devy Riri Yuliani. (2020). PERAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SD NEGERI WRINGINHARJO 02. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 22–30. https://doi.org/10.55606/ay.v2i2.258

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.