PENGARUH KONTEN DIGITAL TERHADAP GENERASI Z DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN DIGITAL NATIVE DI KOTA TANJUNGPINANG
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.29Keywords:
Generasi Z, Digital Native, Media Sosial.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari konten digital terhadap generasi Z dalam memanfaatkan media sosial dan digital native. Penelitian ini mencoba untuk memetakan bagaimana pola konsumsi media dan berita di kalangan generasi Z Indonesia yang juga disebut sebagai generasi “digital native”. Digital native sendiri merupakan seorang individu yang lahir ketika adanya adopsi teknologi digital, isitilah digital native sendiri mengacu pada generasi tertentu, predikat ini di berikan kepada anak – anak yang telah dewasa menggunakan teknologi baik itu internet, komputer dan hand phone seluler. Dengan memanfaatkan studi literatur tentang konsumsi media dan media repertoar serta survei dilakukan secara daring menggunakan platform Google form, penelitian ini ingin memahami lebih lanjut mengenai bagaimana pola konsumsi media dan preferensi berita di kalangan Gen Z, di tengah mudahnya akses di gawai digital mereka. gform yang sudah kami bagian melalui salah satu media sosial ditujukan kepada remaja Tanjungpinang. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa dari sekitar 62 remaja kota Tanjungpinang yang menggunakan media sosial yang di manfaatkan secara baik sekitar 43,6% sedangkan 56,4% di katakan belum terlalu bisa memanfaatkan konten digital secara baik.
References
Anzari, P. P., Fariza, N. P., Malang, U. N., & Surabaya, J. (2021). Jurnal kajian media 2021.
(1), 39–49.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Mevgbdia Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Puspita, D. (2020). 5 Ciri Digital Natives, Apakah Kamu Salah Satunya? IDN TIMES. https://www.idntimes.com/life/inspiration/dentista-puspita/5-ciri-digital-natives- c1c2?page=all
Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575
Sudirman, J. (2016). DIGITAL NATIVE. BINUS, University School of Information Systems. https://sis.binus.ac.id/2016/12/16/digital-natives/#:~:text=Digital native adalah seorang individu yang lahir setelah,menggunakan teknologi seperti internet%2C komputer dan perangkat mobile.
Sukirman. (2017). Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Native Melalui Pembelajaran Berbasis Game. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan, August 2017, 21–30. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9601
Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A. (2014). Pengaruh Karakteristik Generasi Z Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2017&2018 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Generasi Z. (2022). 11 Juni 2022. https://id.wikipedia.org/wiki/Generasi_Z