Korelasi Kreatifitas Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah Akhlak di MAS Bonjol

Authors

  • Ranjani Hendryan UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Arifmiboy UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v5i2.563

Keywords:

Creativity, Learning Outcomes, Moral Beliefs

Abstract

This research was conducted at MAS Bonjol, the low learning outcomes of students in the field of study of moral beliefs even though the teacher's level of creativity is already high is the background to the problem that must be investigated. The aim of this research is to examine the creativity of Aqidah Akhlak teachers at MAS Bonjol, the learning outcomes of Aqidah Akhlak at MAS Bonjol, and to find out the important relationship between teacher creativity and the learning outcomes of Akidah Akhlak students at MAS Bonjol. This problem was researched using quantitative research methods which are correlative in nature. Data was collected using questionnaire research instruments and documentation. The population and sample in this research were female students in classes X and XI of MAS Bonjol. Based on the research conducted, the results obtained showed that there was a relationship between variables X and Y with a low level of correlation. So, teacher creativity is not the main factor causing low learning outcomes for moral beliefs at MAS Bonjol.

References

Aksara. Hasibuan dan Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

.2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 1988. Pengelolaan Kelas dan Siswa sebuah pendekatan evaluative. Jakarta: Rajawali Press.

Asrori, Mohammad dan Mohammad Ali. 2014. Psikologi Remaja Perkembacngan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta. Bandung: PT. Al Ma’arif.

Bukhori, M. 1983. Teknik-Teknik Evaluasi dalam Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Campbell, David. 1995. Mengembangkan Kreativitas, (disadur Dian Paramesti Bahar dari Take the road to creativity and get off dead and). Yogyakarta: Kanisius.

Conny A.F, Tangyong Semiawan, dkk. 1989. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

D. Marimba, Ahmad. 1971. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Djohar, MS dan Guru. 2006. Pendidikan & Pembinaannya, Penerapannya dalam Pendidikan dan UU Guru. Yogyakarta: Grafika Indah.

Esti Wuryani, Sri. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.

Faisal, Sanafiah. 1999. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Ghalia Indonesia.

G. Aleinikov, Andrew. 2002. Mega Kreativitas: 5 Langkah menuju cara berpikir seorang jenius. Yogyakarta: Niagara.

Hasan Sulaiman, Fatiyah. 1993. Sistem Pendidikan Versi Al Ghazaly.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Statistik I. Jakarta: Bumi

Hidayat Syah, Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatatan Verifikatif, Yokyakarta :Suska Pres 2010.

J.J. Hasibuan dan Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Jawad, M. Abdul. 2000. Mengembangkan Inovasi dan Kreativitas berfikir pada diri dan organisasi anda. Bandung: PT. Syamil Cipta Media.

MS Djohar. 2006. Guru, Pendidikan & Pembinaannya, Penerapannya dalam Pendidikan dan UU Guru. Yogyakarta: Grafika Indah.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nashori, Fuad dan Rachmy Diana Mucharam. 2002. Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islami. Yogyakarta: Menara Kudus.

Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP & MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Priyadarma, Triguna. 2001. Kreativitas dan Strategi. Jakarta: PT.Golden.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sardiman AM. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Semiawan, Conny dan Utami Munandar. 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Menengah. Jakarta: Gramedia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumiyatiningsih, Dien. 2006. Mengajar dengan Kreatif dan Menarik. Yogyakarta: Andi Offset.

Syaudih Sukmadinata, Nana. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Warsito. 2000. Pengembangan Instrumen Kreativitas. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Ranjani Hendryan, & Arifmiboy Arifmiboy. (2023). Korelasi Kreatifitas Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah Akhlak di MAS Bonjol. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 5(2), 130–135. https://doi.org/10.55606/ay.v5i2.563

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.