Penggunaan Media Power Point Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di SDN 21 Gantung Ciri Solok

Authors

  • Lusi Putri Handayani Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmiwati Salmiwati Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Jnnaidi Jnnaidi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Yelfi Dewi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i4.543

Keywords:

Powerpoint Learning Media

Abstract

The researcher conducted research at SDN 21 Gantung Ciri Solok which was motivated by the way the use of power point media was not optimal which was carried out by Islamic Religious Education teachers, Islamic Religious Education teachers could not use power point as they should, teachers used power point as well as copying the contents of the book are like ants swarming and this makes students not interested in learning to use power point media. This study aims to find out how teachers create and use power point media and what obstacles Islamic Religious Education teachers face in using power point for class V at SDN 21 Gantung Ciri Solok. descriptive qualitative research method aimed at describing and analyzing phenomena and events, social activities, attitudes, beliefs, thoughts of people individually and in groups with the type of field research (field research). Data collection was carried out using observation techniques, interviews, and also documentation. The key informants in this study were fifth grade Islamic Religious Education teachers at SDN 21 Gantung Ciri Solok.

References

Andayani, Abdul Majid serta Dian, Pendidikan Agama Islam Berplatform Kompetensi( Bandung: Anak muda rosdakarya, 2004)

Arifmiboy,“ Aplikasi Bentuk Pembelajaran CTL( Contextual Teaching Learning) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam serta Budi Akhlak Kelas XI di SMA Negara 2 Kecamatan Bukik Barisan,” Pendidikan serta Pengarahan, 4. 6( 2022)

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran( Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007)

Asnawir, M. Basyiruddin Usman serta, Media Pembelajaran( Jakarta: Delia Pandangan Penting, 2002)

Azhar, Media Pembelajaran( Jakarta: Grafindo Persada, 2005)

Bakhtiar, Abd Belas kasih,“ Prinsip serta Bentuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Tarbawi, 1. 2, 152

Daryanto, Media Pembelajaran( Bandung: Satu Nusa, 2012)

Djaali, Pengukuran Dalam Aspek Pendidikan( Grafindo)

Dkk, Muhaimin, Strategi Berlatih Membimbing( Surabaya: Pandangan Media, 1996)

Humalik, Oemar, Media Pendidikan( Bandung: Pandangan Aditya, 1989)

Indriani, Dian, Macam Media Tolong Pengajaran, cet Awal( Yogyakarta: Diva Press, 2011)

Iswantir, serta Arifmiboy,“ Penerapan Bentuk Pembelajaran Kooperatif Jenis Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 03 Tanjuang Gadang Kabupaten 5 Puluh Kota,” Of Education and Strategi, 1. 1( 2020)

Kamal, Muhiddinur,“ Pengembangan Modul PAI Berwawasan Multikultural Selaku Usaha Menancapkan Nilia- nilai Keanekaan Anak didik Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) 1 Ampek Angkek Nagarai Kabupaten Agam,” Pendidikan Islam, 1( 2018), 192

Majid, Abdul, Pendidikan Agama Islam Berplatform Kompetensi( Rancangan serta Aplikasi Kurikulum 2004)( Bandung: Anak muda Rosdakarya, 2006)

Manadi, Yudhi, Media Pembelajaran Suatu Pendekatan Terkini( Jakarta: Bahana Persada Press, 2008)

Mukhtar, Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam( Jakarta: Misaka Galiza, 2003)

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran Suatu Pendekatan Terkini( Jakarta: Bahana Persada Press, 2008)

Nurdyansyah, serta Eni Fariyatul Fahyuni, Inovasi Bentuk Pembelajaran( Sidoarjo: Nizamia Learning Center, cet 1, 2016)

Pakpahan, serta Andrew Fernando, Pengembangan Media Pembelajaran( Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2020)

Purwanti, Lusi,“ Analisa Pemakaian Media Power Poin Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Modul Analisa Kelas VIII,” Of Biology Education, 3( 2020), 159

Raharjo, Hendri, Media Power Poin serta Dorongan Berlatih, 2017

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam( Jakarta: Kalam Agung, 2012)

Rasyad, Azhar, Media Pembelajaran, cet 14( Jakarta: PT Grafindo Persada, 2011)

Rosyadi, Abdul Wahab, Media Pembelajaran Bahasa Arab( Apes: UIN Apes Press, 2009)

Rukin, Metodologi Pendidikan Kualitatif Versi Perbaikan( Jakarta: Media Publising, 2021)

Rusman, Berlatih serta Pembelajaran Berplatform Pc( Bandung: Alfabeta, 2013)

Rustaman, Strategi Berlatih Membimbing Hayati( jakarta: Depdikbud, 2003)

Sadiman, Arief S, Media Pendidikan Penafsiran Pengembangan serta Pemanfatannya( Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007)

Sadiman, Arif S, et, angkatan laut(AL) Media Pendidikan: Penafsiran, Pengembangan serta Pemanfaatannya( Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012)

SSalmiwati,“ Stategi Pembelajaran dalam Pendapatan Patokan Ketuntasan Minimila Mata Pelajaran PAI di SMP Negara 32 Sijunjung,” journal pendidikan tambusai, 6. 1( 2022)

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Mengarah Standar Cara Pendidikan( Jakarta: Emas Prenada Media Group, 2006)

Sanjaya, Winan, Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Pendidikan( Jakarta: Prenada Media Group, 2006)

Saputra, Aidil,“ Aplikasi Tata cara Contextual Teaching Learning( CTL) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Al- Ta’ dib, 6. 1( 2014), 17

Sungkono,“ Media Pembelajaran Berplatform Teknologi Augmented Reality Mosharafa,” Pendidikan Matematika, 11. 3( 2020), 456

Supriadi,“ Penyusunan Media Pembelajaran Imitasi serta Komunikasi Digital Memakai MIT APP Arsitek di SMKS Kesehatan Paluta Husana,” Indonesian Research Journal On Education, 3. 1( 2022)

Suryadi,“ Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Negara 1 Lais Kec. Lais Kab. Musi Banyuasin,” IPI Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang, 2014, 12

Susanti, serta Zulfiana, Tipe- tipe Media dalam Pembelajaran( Jakarta, 2018)

Usman, Asnawir serta Basyiruddin, Media Pembelajaran( Jakarta: Ciputat Press, 2002)

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran Alas serta Aplikasinya( Jakarta: Rineka Membuat, 2008)

Zakir, Supratman,“ Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berplatform Film di SMP 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat,” Pendidikan serta Pengarahan, 4. 4( 2022)

Downloads

Published

2023-10-19

How to Cite

Lusi Putri Handayani, Salmiwati Salmiwati, Jnnaidi Jnnaidi, & Yelfi Dewi. (2023). Penggunaan Media Power Point Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di SDN 21 Gantung Ciri Solok. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(4), 100–109. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i4.543