Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas VII Di MTS Pembangunan Pulau Punjung

Authors

  • Tika Haironisa Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fajriani Arsya Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ulfa Rahmi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i4.544

Keywords:

Learning Strategies, TGT Models, Learning Outcomes

Abstract

This research is motivated by the less varied learning strategies used by teachers. Because the teacher only uses the strategies used in learning that are not attractive to students. Caused by a lack of strategy in learning Jurisprudence by the teacher concerned. Most teachers use the lecture method in the learning process and cause students to feel less interested in the learning being carried out, as a result, student learning outcomes are unsatisfactory and score below the KKM. This research is a Quasi Experimental Design type Non equivalent control group design with a tendency of quantitative data the subject of this research is class VII Experimental class VII Control students at MTsS Pembangunan Pulau Punjung with a sample size of 60 students. The research sample is class VII Experiment with Cooperative Learning Strategy Teams Games Tournament Type, class VII Control using conventional methods. The data analysis technique uses the Normality Test with the Kolmogrov Smirnov formula, and the homogeneity test with Fisher's test followed by hypothesis testing with Independent t-test. Based on the results of the analysis and discussion of the research data from the results of the hypothesis test t test Tcount = 2.376 and Ttable = 2.012, then Tcount>Ttable so that H0 is rejected. So it can be concluded that there is an effect of using cooperative learning strategies of the team games tournament type on the learning outcomes of class VII fiqh at the Pulau Punjung Development MTs

 

References

A.Suprijono,Kooperative Learning Serta Aplikasi Paikem( Yogyakarta, 2014)

Afandi, Muhammad, Bentuk Serta Tata cara Penataran Di Sekolah( Semarang: UNISULLA Press, 2013)

AL- Qur’ an surah, Al- Baqarah, 104AD

Ali, Ismun, Penataran Kooperatif Learning Dalam Pengajaran Pembelajaran Agama Islam’, Mubtadin, 7( 2021), 01

Aliah Syahira, Supriadi, Charles,‘ Nomor Title Akibat Aplikasi Strategi Penataran Active Learning Jenis Guided Teaching kepada Hasil Berlatih Aqidah Adab Di MAN 2 Payakumbuh’, Mutidisiplin ILmu, 1. 3( 2022)

Arikunto, Suharsimi, Dasar- Dasar Penilaian Pembelajaran( Jakarta: Alam Aksara, 2005)

Arin Tentrem Mawati, Strategi Penataran Yayasan Kita Menulis, 2021 Tubuh Standar Pembelajaran, Kurikulum Tingkatan Dasar Pembelajaran Spesial Perguruan Tsanawiyah( MTsS)( Jakarta: PT Binatama Raya, 2007)

Degeng, Nyoman sudana, Strategi Penataran Mengorganisasi Isi Dengan Bentuk Elaborasi( Apes: IKIP Apes serta IPTPI, 1997)

Hardimansyah, Akibat Penerpan Strategi Penataran Kooperatif Jenis Teams Permainan Tournament( TGT) kepada Hasil Berlatih Anak didik Dalam Mata Pelajaran Fiqih Di MTsS Negara Putussibau’, Pembelajaran Agama Islam, 3( 2021)

Hasanah, Zuriatun,‘ Bentuk Penataran Kooperatif Dalam Meningkatkan Aktivitas Berlatih Anak didik’, Riset Kemahasiswaan, 1( 2021)

Joko Krismon Harianja, Hani Subakti, Tipe- Tipe Bentuk Penataran Kooperatif( Yayasan Kita Menulis, 2022)

Karismanto, Metode Bentuk Serta Strategi Penataran Dalam Matematika( Yogyakarta, 2003)

Kokom Kumala Ekstrak, Penataran Konstektual Rancangan Serta Aplikasi( Bandung: PT Refika Aditama, 2010)

Leli Lismay, Zubaidah, Strategi Penataran Bahasa Inggris Mahasiswa Mahad IAIN Bukittinggi’, Educative, 4( 2019), 1

Lina Mathulhusna, Supriadi,‘ Nomor Title Akibat Penataran Berplatform Cetak biru kepada Hasil Berlatih Akal sehat Algoritma Di IAIN Bukittinggi’, Ilmu Pembelajaran, 2. Indonesia Research Journal On Educative( 2022), 3

Maulida,‘ Nomor Title Analsis Indikator Kepayahan Dalam Pengembangan Item Uji Pada Rancangan Sel Tingkatan Sekolah Menengah Atas’, Edu Bio Tropika, 3( 2015), 1

Muhammad Rizqillah Masykur,‘ Nomor Title Tata cara Penataran Fikih’, Angkatan laut(AL) Maklumat, 4( 2019), 1

Muhibbin Syah, Ilmu jiwa Berlatih( Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010)

Nasruddin,‘ Nomor Title Aplikasi Tata cara TGT Tingkatkan Hasil Berlatih Bahasa Inggris Pada Anak didik Kategori VIII Di SMPN Negara 1 Bos Terkini’, Ilmu ISSN, 9( 2019), 1

Ririta, Muhiddinur Kamal, Startegi Penataran Dalam Pendapatan Patokan Ketuntasan Minimun Mata Pelajaran PAI Di SMP Negara 32 Sijunjung’, 6( 2022), 1

Rusman, Nomor Title Model- Model Penataran( Jakarta: PT. Raja Granfindo Persada, cet 5, 2014)

Slameto, Berlatih Serta Faktor- Faktor Yang Pengaruhi( Jakarta: Rineka Membuat, 2015)

Slemato, Berlatih Serta Faktor- Faktor Yang Mempengaruhuinya( Jakarta: PT Rineka, 2008)

Sudjana, Nan,Tata cara Statistika( Bandung: Tarsito, 2009)

Sugiyono, Tata cara Riset Kuantitatif, Kualitatif Serta R&d( bandung: alfabeta, 2015)

Susanto, Ahmad, Filosofi Berlatih Serta Penataran Di Sekolah Bawah( Jakartta: Emas, 2013)

Suvriadi Panggabean, Ana Widyastuti, Nomor Title Rancangan Serta Strategi Penataran, 2021

Syahrum, salim, Tata cara Riset Kuantitatif( Bansung: Perasaan Pustaka Alat, 2014)

Zaenudin, Tingkatkan Hasil Berlatih Anak didik Pada Mata Pelajaran Fikih Lewat Aplikasi Strategi Bingo’, APPII( Federasi Pembelajaran Islam

Downloads

Published

2023-10-19

How to Cite

Tika Haironisa, Supriadi Supriadi, Fajriani Arsya, & Ulfa Rahmi. (2023). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas VII Di MTS Pembangunan Pulau Punjung. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(4), 110–116. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i4.544