Analisis Kesadaran Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Di Universitas Perjuangan Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i4.469Keywords:
Self-awareness, Learning Motivation, Learning DisciplineAbstract
This study aims to identify and analyze the influence of self-awareness and learning motivation on student learning discipline in the Management Study Program at the University of Perjuangan, Tasikmalaya. The method used in this research was causality through a survey approach, with a research sample of 100 students of the Management Study Program at the University of Perjuangan, Tasikmalaya. The data used uses primary data. The analytical tool used in this research is multiple regression using SPSS 26. The results show that Self-awareness has a good classification, Learning Motivation has a good classification, and Learning Discipline has a good classification for Students of the Management Study Program at the University of Perjuangan Tasikmalaya. Simultaneously Self-Awareness and Learning Motivation have a significant influence on Learning Discipline. Partially Self-Awareness has a significant influence on Learning Discipline. Partially, learning motivation has a significant influence on learning discipline in students of the Management Study Program at the University of Perjuangan, Tasikmalaya.
References
Aji Santa Malik, 2021. Analisis Motivasi Terhadap Disiplin: e-producing management.
Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqillah Diaz. 2022. 5 cara meningkatkan self awareness untuk memahami diri, Jakarta: Bina Putra.
Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Erlangga.
Barthos, Basir. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia (Suatu Pendekatan Makro). Jakarta: Bumi Aksara.
Bastian. 2013. Pembentukan Diri Agar Disiplin. Diakses Dari: https://jurnal-sdm.kompasiana.com/2013/03/pembentukan-diri-agar-disiplin
Daniel Goleman. 2017. Indikator-indikator kesadaran diri (Self Awareness), Jakarta: PT Setia Makmur.
Darmawan, Didit. 2013. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya: Penerbit JP. Books.
Devi Wulandari, 2022. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga Kesehatan Untuk Mewujudkan Indonesia Sehat, Jakarta: Garuda Media.
Dwi Priyatno, 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20, Semarang: Bumi Aksara..
Eka Hendri, 2022. Pengaruh Kesadaran Diri Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 20. No.1.
Fillmore H. Standford, 2017. Book Mangkunegara Los Angeles: Media Library.
Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS Semarang: Erlangga.
Hanif Ardiansyah, 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar. Semarang: Bumi Aksara.
Hurlock, E. 2014. Psikologi Perkembangan. Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Irsya Muhamad R, 2018. Analisis Motivasi Terhadap Disiplin. Studi Manajemen. Volume 8, Nomor 2.
Jarolimek, John dan Clifford D. Foster. 2017. Model of Teaching. New Jersey: Englewood Cliff Prenticehall Inc
Laila Maharani, Meri Mustika, 2022. Hubungan Self Awarness Dengan Kedisiplinan Peserta Didik. Jurnal Kedisiplinan Peserta Didik, Vol. 5, No.1,
M. Romi Supriyatna, 2018. Hubungan Antara Self Awarness Dengan Kedisiplinan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 7, No.6, 3412-3441.
Maulayanissa, 2019. Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. Garamesia Pustaka Utama.
Malikah, 2013. Kesadaran Diri Proses Pembentukan Karakter Islam, Volume 13 Nomor 1 (Jurnal, Gorontalo : Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, 130.
Malik, Fore Aji Santa, 2020. Analisis Mmotivasi Terhadap Disiplin Kerja Dalam Menigkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Selamat Sejahtera Sejati. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.
Muhamad Ekshan, 2017. Analisis Motivasi Dan Disiplin Kerja. Sumatera Selatan, OKU Timur.
Moch Gunawan, 2020. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jakarta, Putra Media.
Rahmawati D. 2020. Pentingnya self awareness untuk kesehatan mental, (Jakarta. Bruka Karya),
Rifa’i dan Anni. 2012. Psikologi Pendidikan, Semarang: semudapers.
Sahira A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Mahasiswa, DiaksenDari:https://www.tribunnews.com/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-turunya-keatifan-mahasiswa#stash.3blDqxLj.dpuf.
Sardiman, A.M. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Schaefer Charles. 2017. Working with emotional intelligence, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, Terjemahan Alex Tri Kantijono Widodo, Jakarta: PT Garamesia Pustaka Utama.
Sitti Jauhar. 2021. Hubungan antara Kesadaran Diri dan Kedisiplinan Belajar: Studi Korelasi pada Siswa Kelas. (Jurnal Kedisiplinan) 2021, Vol. 1 (2), 1388-1396
Soedarsono. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Diri. Jakarta : Gramed.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2014. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suliyanto, 2012. Analisis Statistik: Pendekatan Praktis. Bekasi: Trigunna.
Surya Nugraheni, 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Syariffudin. 2015. Jurnal Education, Bogor; Muara Kinta.
Syamsu Yusuf. 2012. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss.
Tambunan. 2015. Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik. Tanggerang: Tri Mukti.
Titi Mumpuni, 2018. Hubungan Self Awarness Dengan Kedisiplinan. Jurnal Self Awareness, Vol 13, No. 1.
Tukiran Taniredja Dan Hidayati Mustafidah, 2012. Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.
Tuti Wulansari, 2021. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Karyawan. Jurnal Dasar Bisnis Dan Manajemen. Vol. 04 No. 2.
Uno, 2017. Belajar Secara Efektif . Jakarta: Puspa Swara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.