Integration of Local Wisdom Values in Character Education of Elementary School Students in Multicultural Areas
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v7i1.1331Keywords:
Local wisdom,, Character education,, Multicultural,Abstract
Pendidikan karakter merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab. Dalam konteks masyarakat multikultural, integrasi nilai-nilai kearifan lokal menjadi pendekatan strategis untuk menanamkan karakter positif sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai kearifan lokal dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran karakter siswa sekolah dasar di wilayah dengan latar belakang budaya yang beragam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus di tiga sekolah dasar di wilayah Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai seperti gotong royong, toleransi, sopan santun, dan hormat kepada orang tua yang berasal dari budaya lokal terbukti efektif membentuk sikap dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Nilai-nilai tersebut dimasukkan melalui kegiatan tematik, praktik langsung, serta media pembelajaran berbasis cerita rakyat dan budaya lokal. Selain itu, dukungan dari guru dan orang tua menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi nilai karakter ini. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kurikulum berbasis kearifan lokal serta pelatihan guru dalam pendekatan pembelajaran kontekstual agar pendidikan karakter lebih relevan dan bermakna bagi siswa di tengah keberagaman sosial dan budaya.
References
Azizah, Nur, Ana Daulah Hasaniyah, Agus Fawait, Article Info, Nur Azizah, Bondowoso Indonesia, and Kecamatan Pajarakan Kabupaten. 2025. “HARAPAN DAN PELUANG PONDOK PESANTREN” 01 (02): 9–18.
Chonista, Ana, Muhammad Mufid, and Razie Bin Nasaruddin. 2022. “Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Moral Generasi Z Di Pekalongan Ana Chonitsa Razie Bin Nasarruddin Manusia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Selalu Berdampingan Langsung Dengan The Haris Poll Study Institute Melakukan Penelitian Terhadap Generasi Z Dan.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 16 (1): 73–89.
Damayanti, Dimas Pahlawanita. 2023. “Model Dukungan Holistik Terhadap Pendidikan Anak Di Pondok Pesantren.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4 (2): 2121–28. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.556.
Isnaini, Nurul, Rahayu Lestari, Puput Fitria, Universitas Islam, Negeri Raden, and Intan Lampung. 2024. “Eksplorasi Literasi Digital Di Pesantren Pada Santri Gen Z.” Ijccs x, No. x (02): 104.
Karmilah, Mila. 2021. “Manajemen Pendidikan Karakter Di Politeknik Al Islam Dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.” Jurnal Teras Kesehatan 4 (1): 12–21. https://doi.org/10.38215/jutek.v4i1.60.
Kurniawan, Muhammad Fredy. 2023. “Adaptasi Santri Generasi Z Di Pondok Pesantren Darul Lughoh Wadda ’ Wah.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3 (3): 63–72.
Rahmalia, Aqila Nur. 2023. “Implementasi Cyber Public Relations Pada Progresif Digital Media Sebagai Media Internal Pondok Pesantren.” Jurnal Nomosleca 9 (1): 34–47. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v9i1.9247.
Ramdhani, Khalid, MTajudin Zuhri, Neneng Nafisah, and Lalan Sahlani. 2023. “Medangasem Jayakerta Karawang)", Al-Afkar.” Journal For Islamic Studies 6 (1): 488–503. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.529.
Rohani, Imam. 2021. “Peran Humas Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” An-Nafah : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 1 (1): 12–20.
Sanusi, Tabsir, Syamsu Nujum, and Ramlawati. 2023. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Organisasi, Dan Perilaku Teknopreneurship Terhadap Kinerja Pesantren Nahdlatul Ulum Maros.” Jurnal Akuntansi & Sistem Informasi (JASIN) 1 (1): 289–301. http://pasca-umi.ac.id/index.php/jasin/article/view/1443/1646.
Sari, Tiara Kartika, and Wirani Atqia. 2021. “Pengaruh Kegiatan Santri Kalong Terhadap Pedidikan Karakter Anak Desa Winong Kabupaten Pekalongan.” Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (2): 188. https://doi.org/10.47453/permata.v2i2.397.
Sholikah, Lathifatul, and Anwari. 2023. “Perilaku Bermedia Sosial Pada Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Al-Istiqomah Cukir Diwek Jombang Jawa Timur.” Spektra Komunika 2 (1): 86–101. https://doi.org/10.33752/.v2i1.3731.
Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.
Waidi, Waidi, Didin Saefudin, and E. Mujahidin. 2019. “Pembaharuan Pengelolaan Pesantren Tradisional.” Jurnal Pemikiran Keislaman 30 (2): 372–92. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i2.855.
Yayan Musthofa, M. Asy’ari, and Habibur Rahman. 2021. “Pembelajaran Pesantren Virtual: Fasilitas Belajar Kitab Kuning Bagi Santri Kalong.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16 (1): 58–70. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4543.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






