KECENDERUNGAN PENELITIAN MINAT ZAKAT DI JURNAL GOOGLE SCHOLAR TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i1.98Keywords:
Jurnal google Cendekia 2022, Minat berzakat, Analisis isi.Abstract
Minat merupakan suatu aspek psikologis yang mempunyai pengaruh cukup besar terhadap perilaku, ketaatan, dan sumber motivasi yang akan mengarahkan seseorang melakukan apa yang mereka lakukan (Husein, 2011). Semakin tinggi minat seorang muzakki untuk membayar zakat maka besar peluang bagi pemerintah untuk mempercepat pemberantasan kemiskinan dengan menyalurkan dana zakat kepada mustahiq untuk meningkatkan perekonomian. Kajian ini menggunakan analisis isi terhadap sejumlah jurnal yang dipublikasikan di Googel Scholar di tahun 2022dengan meningkatkan minat zakat sebagai fokus utama kajian. Studi saat ini mengungkapkan bahwa dalamsatu tahun terakhir, jumlah publikasi terhadap minat dalam berzakat meningkat. Dan sebagian besar peneliti dilakukan oleh mahasiswa S1.
References
Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Tamiang (2021).
Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang (2021).
Eka Satrio, D. S. (2016). Analisis Faktor Pendapatan , Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat. Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung, 1–22.
Frishella. (2021). Pengaruh Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan, Religiusitas, dan Kreadibilitas kepada Organisasi Pengelola Zakat terhadap Minat Membayar Zakat Di Aceh Tamiang (Studi kasus Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Ghozali, Imam.2016. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM Spss 23. Edisi 8. Penerbit Universitas Diponerogo, Semarang.
Husein, U. 2011. Manajemen Riset Pemasaran. Jakarta: PT gramedia pustaka.
Qanun Aceh Nomor 06 Tahun 2008 tentang Pengumpulan zakat penghasilan di kalangan PNS/ Pejabat/Karyawan Lingkup Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Pemerintah Pusat dan Karyawan Perusahaan Swasta pada tingkat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Qanun Aceh nomor 10 tahun 2007 tentang Baitul Mal.
PUSKAS. (2019). Indeks Literasi Zakat: Teori dan Konsep. Jakarta: Pusat Kajian Strategis BAZNAS.
Rakhmania, N. A. (2018). the Effect of Income, Religiosity, Belief, and Knowledge on Muzakki’S Preference for Giving Alms Through Alms Agency in Malang City Scientific. Jurnal Ilmiah, 6(2), 1–94.
Suryani dan Hendryadi, 2015. Metode Riset /kuantitatif:Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, Jakarta: Prenamedia Group.
Triyawan, Andi, & Aisyah, S. (2016). Analisis faktor-faktor yang mepengaruhi muzakki membayar zakat di BAZNAS Yogyakarta. Islamic Economics Journal, 2(1). https://doi.org/10.21111/iej.v2i1.970.
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pangelolaan Zakat.