ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM PADA USAHA ROTI ANGET DI KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Fhadia Nur Baiti Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Eka Putri Widyawati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Alfiya Farhah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Gusti Alif Aprilita Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nurul Arifin Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Rossi Dwika Heryani Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i1.81

Keywords:

UMKM, Usaha Roti Anget, Kabupaten Bogor, Kewirausahaan

Abstract

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan bisnis masyarakat yang utama dalam kegiatan perekonomian di Indonesia. Terutama pada industri makanan memiliki perkembangannya sangat positif dan memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Roti merupakan salah satu alternatif makanan siap saji yang cukup diminati masyarakat karena tersedia dalam aneka pilihan rasa, praktis penyajiannya, dan dapat dinikmati mulai anak-anak sampai orang tua. Oleh karena itu, konsumsi terhadap roti juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kondisi ini dapat menjadi peluang pasar yang potensial bagi industri roti yang ingin mengembangkan usahanya. Bertambahnya jumlah produsen roti akan berimplikasi terhadap tingkat persaingan yang semakin tinggi diantara perusahaan roti. Salah satunya produsen Usaha Roti Anget roti di Kabupaten Bogor. Tingginya persaingan ini menjadi salah satu faktor bagi Usaha Roti Anget untuk melakukan pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam penguatan ekonomi kerakyatan pada Usaha Roti Anget di Kecamatan Cikaret Cibinong, Kabupaten Bogor. Metode analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, analisis SWOT dan analisi matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha kecil dalam penguatan ekonomi kerakyatan pada usaha Roti Anget di Kabupaten Bogor yang dapat digunakan yaitu pengembangan pasar dan produk, serta penetrasi pasar secara intensif dengan meningkatkan promosi, kualitas, inovasi produk Roti Anget, serta perusahaan harus mampu mengembangkan kekuatan yang ada dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.

References

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43.

Chaerani, D., Talytha, MN, Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Memetakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Selama Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan. Dharmakarya , 9 (4), 275-282.

Christiana, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2014). Pengaruh Kompetensi Wirausaha, Pembinaan Usaha dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada Usaha Kecil dan Menengah Batik di Sentra Pesindon Kota Pekalongan). Diponegoro Journal of Social and Politic, 1-10.

DR. Ir. Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. CV Nas Media Pustaka

Laksmana, R. D., Santoso, E., & Rahayudi, B. (2019). Prediksi Penjualan Roti Menggunakan Metode Exponential Smoothing (Studi Kasus: Harum Bakery). J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. E-ISSN, 2548, 964X.

Pramono, O. (2015). Formulasi Strategi Usaha Makanan Ringan, Agora 3(2):665–74.

Prastiwi, Q. (2019). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada UMKM pabrik roti Alfaris Bakery Medan (Doctoral dissertation).

Sabigh, M. M., & Suranto, I. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Di UMKM Industri Roti (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Suca Rusdian dan Nurul Hildayani, (2021). Pengaruh Differensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Roseberry Cake Shop Garut), Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8, No.1,2021, hlm. 133

Tambunan, T. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia.

Wibowo, J. (2021). Efektivitas Strategi Pemasaran Dan Manajemen Keuangan Pada UMKM Roti. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1).

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Fhadia Nur Baiti, Eka Putri Widyawati, Alfiya Farhah, Gusti Alif Aprilita, Nurul Arifin, & Rossi Dwika Heryani. (2022). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM PADA USAHA ROTI ANGET DI KABUPATEN BOGOR. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 112–124. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i1.81

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.