ANALISIS MARKTING MIX UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA RAFIJAYA FOTOKOPI DI KOTA MEDAN

Authors

  • Putri Sepfiani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M. Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i1.104

Keywords:

Marketing mix, Fotokopi, Kota Medan

Abstract

Perkembangan perekonomian mengakibatkan persaingan dalam bisnis semakin ketat. Untuk dapat bertahan dan menang dalam bersaing, diperlukan strategi pemasaran. Salah satunya adalah marketing mix menggunakan komponen 4P, product, price, promotion dan place. Adapun penelitian ini bertujuan meneliti dan memahami terkait apakah Rafijaya Fotokopi menerapkan strategi marketingmix dapat mempengaruhi penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif agar dapat mendeskripsikan secara jelas aktivitas penjualan pada Rafijaya Fotokopi. Menggunakan teknik analisis data deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pada Rafijaya Fotokopi menerpakan marketing mix dimana 4P komponennya, product, price, promotion dan place memberikan pengaruh untuk meningkatkan volume penjualan.

References

Abdullah, T. (2019). Manajemen Pemasaran (cetakan 1). Rajawali Pers.

Akhamd Darmawan, F. B. & A. H. (2021). Manajemen Bisnis dalam perspekti Islam dan Teori(T. Haryanto (ed.)). UM Purwokerto Press.

Andriani, P. D. (2014). Peran Citra Merek dan Negara Asal Produk Dalam Hubungan Kausal Kualitas Produk dan Kesediaan Pengguna untuk Melakukan Komunikasi Getok -Tular. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Denpasar, P. S. M. F. U. (2020). Manajemen Pemasaran (cetakan pe). CV. Noah Alethia. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G. P. E., Yani, D. A., Yasa, N. N. K., Chandrayanti, T., Wisataone, V., Wardhana, A., Sinaga, R., & Hilal, N. (2021). Manajemen Pemasaran. In Manajemen Pemasaran: Dasar dan Konsep (Issue June). CV. Media Sains Indonesia.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (Jild 1). PT. Indes Kelompok.

Ma’ruf, I. K. (2013). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Ritek yang Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen Bravo Swalayan Tuban. Universitas Brawijaya.

Sudaryono. (n.d.). Manajemen Pemasaran dan Teori Implementasi (F. Sigit (ed.); Edisi 1). CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (III, Edisi). CV. Andi Offset.

Wahyuddin Albra, Z. M. N. dkk. (2019). Usaha Kecil & Kewirausahaan (A. Ikhsan (ed.)). Madenatera.

Yosafat Gabriel Pradikta Andiwilapa. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen pada Lampung Walk di Bandar Lampung. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Putri Sepfiani, & Zuhrinal M. Nawawi. (2023). ANALISIS MARKTING MIX UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA RAFIJAYA FOTOKOPI DI KOTA MEDAN. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 201–210. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i1.104

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.