Green Marketing, Tagline, dan Citra Merek sebagai Prediktor Keputusan Pembelian Air Mineral AQUA di Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v3i4.1631Keywords:
Green Marketing, Tagline, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan Penelitian adalah untuk melihat pengaruh green marketing, tagline dan citra merek terhadap keputusan pembelian aqua di Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah membeli Aqua di Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampling adalah metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 110 responden. analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji regresi linier berganda. HAsil penelitian menunjukkan green marketing dan citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara tagline tidak memberikan dampak langsung. Konsumen lebih mempertimbangkan aspek lingkungan dan reputasi merek dibandingkan sekadar daya tarik slogan dalam memilih AQUA sebagai produk air minum dalam kemasan. Strategi green marketing yang diterapkan AQUA berhasil menarik perhatian konsumen melalui kampanye lingkungan dan penggunaan bahan kemasan daur ulang. Selain itu, citra merek yang positif memainkan peran kunci dalam keputusan pembelian karena memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada konsumen.
References
Agustina, N. A., Sumowo, S., & Wijayantini, B. (2018). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 186-196. doi:https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i2.1893
Aqua.co.id. (2018). https://www.aqua.co.id/#. Retrieved from https://www.aqua.co.id/#: https://www.aqua.co.id/#
Assauri, S. (2018). Manajemen pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cheema, F.-E. A., Rehman, S., Zia, S., & Rehman, M. U. (2016). Do taglines have a positive impact on building the brand perception? a case study on kit kat. Journal of Bussiness Study, 12(1), 52-64. doi:http://dx.doi.org/10.46745/ilma.jbs.2016.12.01.05
Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. (2017). “Green Marketing”: An analysis of definitions, strategy steps, and tools through a systematic review of the literature. Journal of Cleaner Production, 165, 1263-1279. doi:https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.07.184
Fahrezi, A., & Sukaesih, U. (2023). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk merek aldo (studi kasus di pondok indah mall jakarta). Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 189-199.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 4(1), 176-188. doi:https://doi.org/10.31955/mea.v4i1.270
Fikri, M. (2025a). Navigating Educational Transformation: The Response of SMK DKV Nurul Qarnain to the Age of Artificial Intelligence and Policy Dynamics. JURNAL PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN, 12(2), 167-175.
Fikri, M., & Baharun, H. (2025). Sound Horeg as A Popular Cultural Discourse: A Cultural Criticism Study of Religious Responses in East Java. Tutur Sintaksis| Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Kajian Linguistik dan Kearifan Lokal, 1(1), 25-41.
Fikri, M. (2025b). Disiplin atau Doktrinasi? Menelusuri Batas Tipis Antara Kepatuhan Simbolik dan Kesadaran Spiritual dalam Psikologi Islam. Jurnal Psiko-Islam: Konseling, Psikoterapi, dan Komunikasi, 1(1), 1-12.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate (Dengan Program am IBM SPSS 26). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gifani, A., & Syahputra. (2017). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo pada mahasiswa universitas telkom. Bisnis dan Iptek, 10(2), 81-94.
Kamalia, K., & Alsukri, S. (2024). Pengaruh Brand Image, Fashion Lifestyle Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved. Indonesian Journal of Business Economics and Management, 3(2), 44-52.
Khasanah, S. H., Ariani, N., & Argo, J. G. (2021). Analisis citra merek, kepercayaan merek, dan kepuasan merek terhadap loyalitas merek. Korelasi, 2(1), 394-411.
Kurniawan, F. (2017). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian (Survei kepada para siswa SMAN 15 Surabaya kelas XII yang menggunakan Laptop ber Merek ASUS). Malang: Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
Liana, W., & Oktafani, F. (2020). The effect of green marketing and brand image toward purchase decision on the face shop bandung. Ijebar: International Journal of Economics, Business, and Accounting Research, 4(4), 1215-1226. doi:ttps://doi.org/10.29040/ijebar.v4i4.1557
Nanda, R. A. (2018). Pengaruh citra merek terhadap keputusan konsumen dalam membeli celana merek wrangler di distro barcode pekanbaru. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau.
Polonsky, M. j. (2008). An introduction to green marketing. In K. Gupta, M. A. Jankowska, & P. Maiti, Global environment; Problems and policies (pp. 1-15). New Delhi: Atlantic.
Putri, Y. C., & Nugrahani, R. U. (2022). The influence of brand ambassador and tagline towards audience response on ms glow for men brand. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 10(2), 12-26. doi:https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(2).10162
Riani, I., & Alsukri, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Pristine di Kota Pekanbaru. Insight Management and Business (IMB), 2(2), 82-96.
Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh motivasi belanja hedonis, diskon harga dan tagline “gratis ongkir” terhadap keputusan pembelian impulsif secara online di shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(2), 167-179. doi:https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-30). Alfabeta.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian tokopedia di jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113-123. doi:https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
Wibowo, T. A., & Sabardini, S. E. (2024). Pengaruh green marketing, brand image dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan aqua pada mahasiswa di yogyakarta. Jemba: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 3(1), 27–38.
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 3(1), 11-18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





