Pengaruh Physical Evidence terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Snake Coffee
DOI:
https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i4.1022Keywords:
Physical Evidence, Purchase Decision, Snake CoffeeAbstract
Dalam menjalankan sebuah usaha,tentu diperlukan strategi yang tepat untuk dapat menarik perhatian konsumen agar Melakukan keputusan pembelian dan Physical evidence menjadi salah satu strategi itu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Physical evidence terhadap keputusan pembelian secara parsial. Jenis penelitian yaitu Asosiatif, Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian di Snake Coffee yang tidak di ketahui secara pasti jumlahnya (unknown population) jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan study pustaka. Teknik Analisa data dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, koefisien korelasi, uji determinasi, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Physical evidence berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Snake Coffee.
References
Amiruddin, A., & Nurdin, H. (2021). Analisis pengaruh physical evidence dan lokasi terhadap kepuasan pembelian pelanggan pada Food Box Kota Bima. Ekonomi Bisnis, 27(1), 431–441. https://doi.org/10.33592/jeb.v27i1.1343
Andereksa, R., Darrel L, R., & Alexander, L. (2023). Pengaruh marketing service (place, people, process, dan physical evidence terhadap keputusan pembelian Kedai Kopi Chok di Tigaraksa. 4(2), 438–447. www.katabooks.katadata.co.id
Anggraini, A. B., & Saino, S. (2021). Pengaruh harga, physical evidence, dan lokasi terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1591–1599. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1591-1599
Annisa, P. N., Sudrajat, A., Ekonomi, F., Bisnis, D., Siperbangsa, U., & Abstrak, K. (2022). Analisis pengaruh process dan physical evidence terhadap minat beli konsumen dengan cita rasa sebagai variabel moderating (Studi kasus Kopi Janji Jiwa Jalan Raya Wadas Cikampek). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 351–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.7077484
Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian suatu pendektan praktik. Rineka Cipta.
Geofanny, E. (2020). Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian kopi (Studi kasus: Bumi Kayom Langit Senja Coffee Salatiga). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(2), 441. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i2.3485
Ginting, I. M. (2015). Pengaruh celebrity endorsement, brand image, dan testimoni terhadap minat beli konsumen produk mie instan Lemonilo pada media sosial Instagram. Jurnal Manajemen, 6(1), 131–143.
Hendryli, J., & Erny Herwindiati, D. (2019). Klasifikasi kain tenun berdasarkan tekstur & warna dengan metode k-NN. Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, 3(2).
Indriati, S. N. (2022). Pengaruh bauran pemasaran jasa (process, physical evidence, people) terhadap keputusan pembelian: (Survei pada konsumen Sultan Laundry BRP). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 1859–1865. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/462 http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/462/373
Ismawati, N., & Fahimah, M. (2021). Pengaruh people, process dan physical evidence terhadap kepuasan konsumen wedding organizer di masa pandemi COVID-19. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen), 5(1), 51. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i1.1984
Jadari, A., & Ernawati, S. (2023). Pengaruh experiential marketing dan physical evidence terhadap loyalitas konsumen Kafe Tea Break Kota Bima. Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 53–54.
Jariyah, N. A., Sari, H. M. K., & Sukmono, R. A. (2024). Influence of people, price perception and physical evidence on purchasing decisions Mixue Prigen. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(2), 3514–3530.
Loekito, M., Irawan, C., Nugroho, A., & Kartika, E. W. (2014). Analisis pengaruh marketing mix (7P) terhadap keputusan pembelian (Studi pada Folks! Coffee Shop and Tea House Surabaya). Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 2(1), 86–100. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/1455
Oktavianti, H., & Hutapea, T. (2023). Pengaruh place, people, dan physical evidence pada kepuasan pelanggan di Kedai Kopi Roemah Toea – Bekasi. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi dan Manajemen Tri Bisnis, 4(2), 1–14.
Rizky, S. A., Mohammad Kurniawan DP, & Yeni. (2024). Pengaruh produk, promosi dan physical evidence terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus Restoran Youwie Palembang). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(2), 1419–1426. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2341
Sudarsono, A. T., & Rum, M. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kopi pada Kedai Sehari Sekopi Sidoarjo. Agriscience, 2(2), 408–427. https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i2.11937
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.