Strategi Pemasaran Usaha Produksi Tahu Alami Sido Makmur Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Di Kabupaten Tebo

Authors

  • Risqi Aldian Deni Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M. Nazori Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Ismail Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i2.160

Keywords:

Strategi Pemasaran, Produksi Tahu Alami Sido Makmur, Kabupaten Tebo.

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran Usaha Produksi Tahu Alami Sido Makmur Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Di Kabupaten Tebo. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi naik turunnya usaha produksi tahu alami Sido Makmur di Kabupaten Tebo, untuk mengetahui bagaimana manajemen pemasaran yang diterapkan pada usaha produksi tahu alami Sido Makur di Kabupaten Tebo dan untuk mengetahui mengetahui bagaimana implementasi strategi pemasaran produksi usaha tahu alami Sido Makmur dalam meningkatkan hasil penjualan di Kabupaten Tebo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: Penerapan strategi pemasaran usaha tahu yang dilakukan oleh produsen di Pabrik Tahu Alami Sido Makmur Muaro Tebo dalam meningkatkan hasil penjualan.

References

Al-qur’an

Al-Qur’an dan Terjemahan, Kemenang: https;//quran.kemenang.go.id, Hlm 49

Al-Qur’an dan Terjemahan, Kemenang: https;//quran.kemenang.go.id, Hlm 404

Al-Qur’an dan Terjemahan, Kemenang: https;//quran.kemenang.go.id, Hlm 280

Buku

“Aldila Septiana, Analisis Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Kreatif, (Pamekasan:Duta Media Publishing, 2017), hlm. 52,” t.t.

“Amang, Beddu. 1996. Ekonomi Kedelai. Bogor: IPB Press. hal.268,” t.t.

“Anslem Strauss dan Juliet Corbin diterjemahkan oleh Muhammad Shodiq dan Imam Muttaqien, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013), hal. 4.,” t.t.

“Basu Swastha dan Irawan.Manajemen PemasaranModern. (Yogyakarta: Liberty,2008),hlm. 5.,” t.t. “Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,” t.t.

“Colin Gilligan dan Richard M.S. Wilson.Strategic Marketing Planning. (London:Elseivier, 2009),hlm. 1.,” t.t.

“David, Fred.R. 2011. Manajemen Strategis: Konsep-Konsep. Edisi Duabelas. Salemba Empat, Jakarta,” t.t.

“Deliyanti Oentoro, Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta : Laksbang Pressindo, 2012, Hal 35,” t.t.

“Djam‟an Satori dan Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2010), hal. 22.,” t.t.

“Faisal, Sanapiah. 2010. Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Dalam Burhan Bungin (editor). Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi (64-79). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,” t.t.

“Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran Edisi 4, (Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2017), hlm. 161-162,” t.t. “Freddy Rangkuti, Analisis Swot Teknik Membelah Kasus Bisnis, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998),” t.t.

“Fuad, M., H, C., Nurlela, Sugiarto, & Paulus., 2006, Pengantar Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.,” t.t.

“Graham J Hooley, Nigel F. Piercy, Brigitte Nicoulaud.Marketing Strategy andCompetitive Positioning. (London: Prentice Hall, 2008),hlm. 7.,” t.t.

“Hendri, Ma’ruf. 2005. Pemasaran Ritel. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.,” t.t. “Herman Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Bandung : Mizan, 2006, Hal 27,” t.t.

“Husein Umar, Strategic Management in Action, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum, 2001),” t.t. “Iman Gunawan, Metode Penellitian Kualitatif Teori dan Praktik, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013), hal. 88.,” t.t.

“Jim Hoy Yam, Manajemen Strategi: Konsep & Implementasi, (Makassar: Nas Media Pustaka, 2020),.,” t.t. “Johan Arifin, Etika Bisnis Islam, (Semarang: Walisongo Press, 2013), h. 81,” t.t.

“Kashmir dan Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan Kedelapan. Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.,” t.t. “Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing. Issue 13. United States of America : Pearson,” t.t.

“M. Anang Firmansyah, Pemasaran: Dasar dan Konsep, (Pasuruan: Penerbit Qiara Media, 2019),” t.t. “M. Suyanto, Marketing Strategy Top Brand Indonesia, (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007),” t.t.

“Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).,” t.t.

“Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.,” t.t.

“Nurul Huda, dkk, Pemasaran Syariah, (Depok: Kencana, 2017), hal. 105,” t.t. “Opan Arifudin, dkk, Manajemen Strategik Teori dan Implementasi, (Banyumas: Pena Persada: 2020),” t.t.

“Radna Andi Firmansyah, Manajemen Pemasaran, (Semarang: Radna Andi Wibowo, 2019),” t.t. “Rhenald Kasali, Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998), hlm. 118,” t.t.

“Rifqi Suprapto dan M Zaky Wahyuddin Azizi, Buku Ajar Manajemen Pemasaran, (Ponorogo: Myria Publisher, 2020),” t.t.

“Said Saad, Ekonomi Islam Di Tengah Krisis Ekonomi Global, Jakarta : Zikrul Hakim, 2007, Hal 99,” t.t.

“Serian Wijatno, Pengantar Entrepreneurship, (Jakarta: Grasindo, 2009), hlm. 176,” t.t.

“Sofjan Assauri, Manajemen Perusahaan Dasar, Konsep & Strategi Edisi 1 Cetakan ke_14, (Jakarta: Rajawali Pers, 2018), hlm. 198,” t.t.

“Sofjan Assauri, Manajemen Perusahaan…, hlm. 155,” t.t. “Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, hlm 310,” t.t.

“Swastha, Basu DH. 2015. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.,” t.t. “Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.,” t.t.

“Tjiptono, Strategi Pemasaran, Yogyakarta : CV. Andi Offset. 2008, Hal 59,” t.t. “Yossie Rossanty, dkk, Consumer Behaviour in Era Millenial, (Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI, 2018), hlm. 122,” t.t.

Jurnal

“Assauri, S., 2011, Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta. https://doi.org/10.1109/ACC.2007.4282338,” t.t.

“Christian, Ribka. P & Mananeke, L., 2016, Pengaruh Strategi Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS Di RSUD Sam Ratulangi Tondano, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.,” t.t.

“Karinda, M. V. A., Mananeke, L., & Roring, F., 2018, Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT.Telkom Area Tomohon, Pengaruh Strategi...... 1568 Jurnal EMBA, 6(3), 1568–1577. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20265/19872,” t.t.

“Owomoyela,S.K., Olasnkanmi,S., & Oyeniyi,K.O. (2013). Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research in Business. Investigating The Impact of Marketing Mix Elements on Consumer Loyalty : An Emprical Study on Nigeian Breweries Plc. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4, 485.,” t.t.

“Ramadhan,A., & Sofiyah,F.R. (2013). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran (studi McDonald’s Ring Road). Jurnal Media Informasi Manajemen.,” t.t.

“Sapparudin. 2008. Fenomena Industri Kecil. www.kabarindonesia.com. Diakses pada tanggal 25 Januari 2019.,” t.t.

“Suhartini, S., 2018, Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. MATRIK (Jurnal Manajemen Dan Teknik), https://doi.org/10.30587/matrik.v12i2.394,” t.t. “Vladi,E. (2014). Tourism Development Strategies, SWOT Analysis and Improvement of Albania’s Image. Europan Journal of Sustainable Development.,” t.t.

Website Resmi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_kabupaten_Tebo,”t.t

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_kabupaten_Tebo,” t.t. “http://tebokan.go.id,” t.t.

Wawancara

“Bapak Fauzan, Karyawan, Wawancara, Sido Makmur Muaro Tebo, 22 Agustus 2022,” t.t.

“Bapak Febri, Karyawan, Sido Makmur Muaro Tebo, 22 Agustus 2022,” t.t.

“Bapak Haikal, Karyawan, Wawancara, Sido Makmur Muaro Tebo, 22 Agustus 2022,” t.t.

“Bapak Mucharrom, Pemilik Usaha, Wawancara, Sido Makmur Muaro Tebo, 22 Agustus 2022,” t.t.

“Bapak Mucharrom, Pemilik Usaha, Wawancara, Sido Makmur Muaro Tebo, 22 Agustus 2022,” t.t.

“Bapak Prisdianto Kurniawan, Ketua Pembuat Tahu, Wawancara, Sido Makmur Muaro Tebo, 22 Agustus 2022,” t.t.

“Emi, Pelanggan Tahu, Wawancara, Sido Makmur Muaro Tebo, 22 Agustus 2022,” t.t.

“Ira Kurniasih, Pelanggan Tahu, Wawancara, Sido Makmur Muaro Tebo, 22 Agustus 2022,” t.t.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Risqi Aldian Deni, M. Nazori, & Muhammad Ismail. (2023). Strategi Pemasaran Usaha Produksi Tahu Alami Sido Makmur Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Di Kabupaten Tebo. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 24–39. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i2.160

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.