Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Inggris di DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju

Authors

  • Ariawati Susiandari Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v4i1.41

Keywords:

Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Bahasa Inggris.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Inggris di DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II DIII Kebidanan sebanyak 110 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa tingkat II di DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. FatimahTahun 2021 yaitu sebanyak 52 orang dengan teknik pengambilan sampel Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 52 orang yang dijadikan sebagai sampel, semua diberikan metode pembelajaran jigsaw sebanyak 52 orang (100,0%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 52 orang yang dijadikan sebagai sampel, yang lulus dengan mata kuliah Bahasa Inggris  komunitas sebanyak 38 orang (73,1%) dan yang tidak lulus sebanyak 14 orang (26,9%). Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar mata kuliah bahasa Inggris di DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Tahun 2021. Diharapkan dapat meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat menambah pengetahuan mengenai Bahasa Inggris.

References

Alice, Crow, 2013. Prestasi belajar mahasiswa. (Online) http//www.wikipedia.wordpress.com, diakses tanggal 26 November 2015, Makassar.

Anni, Et, 2012. Penilaian hasil belajar mahasiswa. Fitramaya : Yogyakarta.

Arikunto, 2012, Prosedur Penelitian Satu Pendekatan Praktek, Edisi. V. Jakarta Rineka Cipta.

Bloom, S. 2012. Prinsip dasar dalam penerapan mengajar dosen. (Online) http//www.wikipedia.com, wordpress. Diakses tanggal 28 November 2015, Makassar.

Eliida, P. 2012. Prestasi dan Motivasi Belajar. Jakarta. EGC.

Gurnia. M. 2013. Pedoman dan Minat Siswa. Jakarta. EGC.

Isjoni, 2013. Model Jigsaw. Jakarta : TIM

Kasjian, 2012. Mahasiswa dan minat. Pustaka Rihana : Yogyakarta

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta : Jakarta.

Purwanto, 2012. Minat dan Bakat Mahasiswa Dalam Belajar. Rineka Cipta : Jakarta.

Puce, 2013. Hasil Belajar Mata Kuliah Jigsaw. Jakarta : Erlangga

Rukiyah. 2012. Asuhan Kebidanan II Persalinan. Jakarta: Info Media.

Rusman, 2012. Model Pembelajaran Jigsaw. Jakarta : Pustaka Rihana

Saifuddin, AB. 2012. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Sardiman, 2012. Prestasi Belajar Mahasiswa. Nuha Medika : Yogyakarta.

Soemanto, 2012. Minat mahasiswa. (Online). http//www.wordpress.com, php.html//. Diakses tanggal 28 November 2015, Makassar.

Sardiman, 2012. Prestasi Belajar Mahasiswa. Nuha Medika : Yogyakarta.

Surakhmad, 2011. Penerapan Standar Belajar Dosen. EGC : Jakarta

Sumarah. 2012. Asuhan Kebidanan pada Ibu Bersalin. Cetakan Pertama. Fitramaya : . Yogyakarta.

Soeprapto, 2012. Mahasiswa dan Minat Belajar. Pustaka Rihana: Yogyakarta.

Sugihartono, 2012. Dasar Pendidikan dan Standar Pelayanan. EGC : Jakarta.

Sugiyono 2012. Metode Penelitian Kesehatann. Jakarta : EGC

Suparlan, 2012. Motivasi Belajar Mahasiswa. EGC :Jakarta.

Sutikno, 2011. Proses Belajar Dosen Terhadap Mahasiswa. (Online). http//www. Proses belajar dosen. com, diakses tanggal 29 November 2015. Makassar.

Trianto, 2011. Model Pembelajaran Jigsaw. Jakarta : Erlangga

W. S. Winkel. 2011. Pendidikan Jenjang Perguruan Tinggi. EGC :Jakarta.

Yeyeh, AR. 2012, Asuhan Kebidanan IV Persalinan, Info Media : Jakarta.

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Ariawati Susiandari. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Inggris di DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(1), 121–130. https://doi.org/10.55606/ay.v4i1.41

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.