Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Inggris di DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v4i1.41Keywords:
Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Bahasa Inggris.Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Inggris di DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II DIII Kebidanan sebanyak 110 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa tingkat II di DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. FatimahTahun 2021 yaitu sebanyak 52 orang dengan teknik pengambilan sampel Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 52 orang yang dijadikan sebagai sampel, semua diberikan metode pembelajaran jigsaw sebanyak 52 orang (100,0%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 52 orang yang dijadikan sebagai sampel, yang lulus dengan mata kuliah Bahasa Inggris komunitas sebanyak 38 orang (73,1%) dan yang tidak lulus sebanyak 14 orang (26,9%). Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar mata kuliah bahasa Inggris di DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Tahun 2021. Diharapkan dapat meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat menambah pengetahuan mengenai Bahasa Inggris.
References
Alice, Crow, 2013. Prestasi belajar mahasiswa. (Online) http//www.wikipedia.wordpress.com, diakses tanggal 26 November 2015, Makassar.
Anni, Et, 2012. Penilaian hasil belajar mahasiswa. Fitramaya : Yogyakarta.
Arikunto, 2012, Prosedur Penelitian Satu Pendekatan Praktek, Edisi. V. Jakarta Rineka Cipta.
Bloom, S. 2012. Prinsip dasar dalam penerapan mengajar dosen. (Online) http//www.wikipedia.com, wordpress. Diakses tanggal 28 November 2015, Makassar.
Eliida, P. 2012. Prestasi dan Motivasi Belajar. Jakarta. EGC.
Gurnia. M. 2013. Pedoman dan Minat Siswa. Jakarta. EGC.
Isjoni, 2013. Model Jigsaw. Jakarta : TIM
Kasjian, 2012. Mahasiswa dan minat. Pustaka Rihana : Yogyakarta
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta : Jakarta.
Purwanto, 2012. Minat dan Bakat Mahasiswa Dalam Belajar. Rineka Cipta : Jakarta.
Puce, 2013. Hasil Belajar Mata Kuliah Jigsaw. Jakarta : Erlangga
Rukiyah. 2012. Asuhan Kebidanan II Persalinan. Jakarta: Info Media.
Rusman, 2012. Model Pembelajaran Jigsaw. Jakarta : Pustaka Rihana
Saifuddin, AB. 2012. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Sardiman, 2012. Prestasi Belajar Mahasiswa. Nuha Medika : Yogyakarta.
Soemanto, 2012. Minat mahasiswa. (Online). http//www.wordpress.com, php.html//. Diakses tanggal 28 November 2015, Makassar.
Sardiman, 2012. Prestasi Belajar Mahasiswa. Nuha Medika : Yogyakarta.
Surakhmad, 2011. Penerapan Standar Belajar Dosen. EGC : Jakarta
Sumarah. 2012. Asuhan Kebidanan pada Ibu Bersalin. Cetakan Pertama. Fitramaya : . Yogyakarta.
Soeprapto, 2012. Mahasiswa dan Minat Belajar. Pustaka Rihana: Yogyakarta.
Sugihartono, 2012. Dasar Pendidikan dan Standar Pelayanan. EGC : Jakarta.
Sugiyono 2012. Metode Penelitian Kesehatann. Jakarta : EGC
Suparlan, 2012. Motivasi Belajar Mahasiswa. EGC :Jakarta.
Sutikno, 2011. Proses Belajar Dosen Terhadap Mahasiswa. (Online). http//www. Proses belajar dosen. com, diakses tanggal 29 November 2015. Makassar.
Trianto, 2011. Model Pembelajaran Jigsaw. Jakarta : Erlangga
W. S. Winkel. 2011. Pendidikan Jenjang Perguruan Tinggi. EGC :Jakarta.
Yeyeh, AR. 2012, Asuhan Kebidanan IV Persalinan, Info Media : Jakarta.