Strategi Sosialisasi Politik di DPD PDIP Provinsi Kalimantan Tengah dalam Pemilu 2024 dan Pilkada 2029

Authors

  • Andes Cintia Ningrum Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59246/aladalah.v3i3.1490

Keywords:

political strategy, social media, community engagement, Central Kalimantan

Abstract

The political socialization strategy of PDIP’s Regional Leadership Council in Central Kalimantan for the 2024 Election and 2029 Regional Election was examined through qualitative methods, including in-depth interviews with key party figures. Findings highlight three core strategies: grassroots cadre and sympathizer mobilization, digital media utilization for political communication, and involvement of local leaders and communities. Social media platforms like Instagram and WhatsApp effectively targeted urban youth, while face-to-face community engagement dominated rural areas. The party emphasized message consistency through structured coordination and ongoing political education. These strategies reflect PDIP’s adaptability to socio-cultural and technological contexts, fostering emotional bonds with constituents

References

Amelia, S. S. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT Tunas Jaya. Technomedia Journal, 8, 1-13.

Andriani, A. D., Mulyana, A., Widarnandana, I. G. D., Armunanto, A., Sumiati, I., Susanti, L., ... & Dewi, I. C. (2022). Manajemen sumber daya manusia (Vol. 1). Tohar Media.

Arasid, M. I., Djuyandi, Y., & Sumadinata, R. W. (2022). Strategi Komunikasi Politik Untuk Memperoleh Dukungan Pemuda Dalam Pilkada Kota Serang: Studi Pada Pasangan Calon Syafrudin-Subadri. Sospol, 8(1), 62-77.

Arief, I. F., & Rosana, A. (2024). Strategi komunikasi humas DKPP melalui media sosial Instagram. KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 11(1), 124-137.

Djalil, N. A. (2025). Strategi Komunikasi Politik Partai Solidaritas Indonesia Pada Pemilu 2024 di Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 1. Journal Scientific of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955| p-ISSN 2809-0543, 6(2), 350-370.

Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., AR, N. R. J., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42-50.

Fachrudin, A. (2019). Paradoks Pemilu Serentak 2019 Catatan dari Luar Bilik Suara.

Kamuli, S., Latare, S., & Sahi, Y. (2023). Implikasi Konflik Partai Politik Terhadap Paradigma Pemilih Pemula Menjelang Pemilu 2024: Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 3158-3170.

Khoeroni, U. S., & Nurhadi, Z. F. (2024). Pendampingan Pembuatan Konten dan Publikasi Gerakan Sosial bagi Anggota Remaja Masjid. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 301-313.

Lieyani, Y., Natalia, L., & Setiyadi, B. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Humas pada Lembaga Pendidikan serta Peningkatan Citra Lembaga. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 25(1), 695-700.

Masyuri, R. A., & Febriyanti, D. (2025). Strategi Kemenangan Partai Golkar dalam Meningkatkan Representasi Perempuan pada Pemilihan DPRD Tingkat 1 Kota Palembang. TheJournalish: Social and Government, 6(1), 99-110.

Meifilina, A. (2021). Media sosial sebagai strategi komunikasi politik Partai Golkar dalam melakukan pendidikan politik. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 101-110.

Monalisa, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Dokumenter Netflix ‘ The Social Dilemma’ dalam Pembelajaran Dampak Sosial Informatika Kelas 9 pada Sekolah Penggerak Angkatan 1. INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 7-18.

Muzwardi, A., Kamarullah, N., & Putri, B. C. (2024). Strategi Kampanye Politik Partai Nasdem, Partai Golkar, dan PDIP dalam Pemilihan Presiden 2024 di Kota Tanjung Pinang. Sospol, 10(2), 215-233.

Perdana, N. A. KOMUNIKASI POLITIK EMPATI DAN HOMOFILI: STUDI ATAS AIRIN RACHMI DIANY DALAM MENJARING SUARA PADA PEMILU LEGISLATIF (DPR-RI) TAHUN 2024 (Master's thesis, Falkultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi).

Ramadhani, R. W. (2020). Strategi komunikasi pembangunan pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam menerapkan nawacita dan tujuan pembangunan berkelanjutan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(02), 117-129.

Rudini, R. (2025). Strategi Komunikasi Politik Partai Solidaritas Indonesia pada Pemilihan Umum 2024 di Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan I (Doctoral dissertation, Universitas Fajar).

Tahir, R., Kusmanto, H., & Amin, M. (2020). Propaganda Politik Hoaks dalam Pemilihan Presiden Tahun 2019. Perspektif, 9(2), 236-251.

Tazkiya, A., Aldiansyah, M., Sonia, G., & Saparingga, H. S. (2021). Meraih keberhasilan negosiasi bisnis melalui keterampilan berkomunikasi. Jurnal sosial dan sains, 1(5), 345-358.

Yasin, A., & Rochmansjah, H. (2025). MARKETING POLITIK PARTAI NASDEM DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN ANAK MUDA UNTUK MENJADI ANGGOTA PARTAI POLITIK DI PROVINSI GORONTALO (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Ningrum, A. C. (2025). Strategi Sosialisasi Politik di DPD PDIP Provinsi Kalimantan Tengah dalam Pemilu 2024 dan Pilkada 2029. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 3(3), 1–11. https://doi.org/10.59246/aladalah.v3i3.1490

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.