PENERAPAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU DI KELAS V SEMESTER I SD NEGERI TAYEM 01 KARANGPUCUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v2i1.256Keywords:
model PAKEM, hasil belajar, Sekolah DasarAbstract
ABSTRAK: Pada pembelajaran perlu di upayakan pengelolaan kelas mengenai kondisi - kondisi khusus seperti kondisi fisik, intelektual, ataupun kondisi sosio emosional untuk membangun landasan yang kukuh, rasa pengertian, jalinan simpati, rasa memiliki sebagai upaya pencapaian dari tujuan pembelajaran. Hasil refleksi guru bahwa selama ini guru masih menggunakan pembelajaran tradisional, belum menggunakan model pembelajaran inovatif. Sehingga dalam pembelajaran peserta didik pasif, kurang termotifasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dan hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri Tayem 01 Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Pengumpulan Data di lakukan dengan tes dan non tes. Data di analisis menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran IPA dengan model PAKEM ada peningkatan. Ini menunjukkan bahwa aktivitas guru sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya aktivitas guru dengan kriteria baik. Hal ini di buktikkan dengan adanya kenaikkan hasil belajar peserta didik dari rata-rata pada studi awal hanya 58, 5, naik menjadi 68, 5. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sudah mencapai indikator 85% peserta didik mengalami ketuntasan belajar individu dengan nilai > 70 dalam pembelajaran IPA. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Tumbuhan Hijau aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik meningkat. Saran peneliti adalah bahwa pembelajaran model PAKEM dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar peserta didik. Pembelajaran model PAKEM dapat di kembangkan pada mata pelajaran selain IPA.
References
Depdiknas. (2009). Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK
Gintings, A. (2010). Esensi Praktis: Belajar dan Pembelajaran Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru- Dosen. Bandung: Humaniora
Karminah. (2017). Penerapan Model Pakem Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Di Kelas V Semester I SD Negeri Ciklapa 04 Tahun Pelajaran 2017/2018 (skripsi). Universitas Terbuka.
Krismanto. (2009). Belajar Secara Kooperatif. Jakarta: Depdikbud
Moloeng, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nasution, M, K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Vol 11 No. 1.
Nurdin, S. (2015). Penerapan Pendekatan PAKEM dalam Pembelajaran IPA Di Min Rukoh. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry Darussalam Banda Aceh.
Paramita H.W. (2019). Minat dan Prestasi Belajar Studi Anak Wajib Belajar Tingkat SD di Pemukiman Rehabilitasi Penyakit Kusta Jl. Dangko Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.
Patton, M.Q. (2009). Metode Efaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar Satori, D & Komariah, A. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syahputri, S. (2018). Keaktifan Siswa. Repository.uinsu.ac.id. Halaman 1
Selvi T.U, Amran, R., Ritman I.P. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan PAKEM Siswa Kelas V SDN 21 Ampana. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 4.
Vatia, N. (2017). Penerapan PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V Min Piyeung Aceh Besar (skripsi). Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah
Winarti. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap Dengan Metode Menjodohkan Kotak. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. VIII No. 2