Penyuluhan Optimalisasi Rantai Pemasaran Saluran Distribusi Hasil Panen Ikan Nila Didesa Kotapulu

Authors

  • Muhammad Hafid Universitas Tadulako
  • Farid Farid Universitas Tadulako
  • Anisah Anisah Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i2.235

Keywords:

Rantai Pemasaran, Saluran Distribusi dan pemberdayaan masyarakat

Abstract

Potensi sumber daya lokal di Desa Kotapulu Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah adalah sektor perikanan khusunya pemberdayaan ikan Nila. Akan tetapi, pemanfaatan dan pengelolaannya belum maksimal sehingga belum dapat dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian yang potensial untuk meningkat perekonomian desa. Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Membangun Desa Mandiri yang di ikuti oleh penulis bertujuan untuk memberdayakan masyarakat khususnya dalam memahami bagaimana cara manajemen produksi, mengatur pola atau saluran distribusi ikan Nila yang ada di kolam berbasis bioflog mulai dari tahap awal sampai ke tahap siap produksi atau siap panen. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan penyuluhan. Metode penyuluhan dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi masyarakat dalam mengelola hasil panen ikan nila. Dengan demikian, dalam jangka panjang kegiatan pengelolaan usaha ikan nila akan semakin baik dan dapat berkontribusi pada pembangunan desa secara berkelanjutan. 

References

Asmawi. (1986). Deskripsi Dan Klasifikasi Ikan. Diambil dari http://enmygolan.blogspot.com. [ 11

september 2015].

Assauri., (1990). Saluran Distribusi Artikel All Management Insight, Catata Perkuliahan. Artikel. Http://www.infosrmasiku.com/2011/04/saluran-distribusi-definisi-fungsi-dan.html. Di akses 14 November 2018

Esther., T., Frederik, G. W., Ferdy. R. (2016) Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Ikan Mujair di Kecamatan Eris Kabupaten Minahasa. Jurnal EMBA Vol.4 No.4 September 2016. Hal 279-290. Https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/13721/13302. Di akses 14 November 2018

Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gamedia.

Azzaino, Z. (1983). Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Pertanian Fakultas Pertanian IPB. Bogor.

Djarijah. (1995). Deskripsi Dan Klasifikasi Ikan. Diambil dari http://enmygolan.blogspot.com. [ 11

september 2015].

Bowesox, D. J. 2006. Manajemen Logistik. Bumi Aksara, Jakarta.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.

Heizer, J. dan Render B. 2006. Operation Management. Edisi Kettujuh. Salemba Empat, Jakarta.

Dinas Perikanan, 2015. Pengetahuan Tentang Ikan Nila. Di Akses melalui Website Wikipedia pada tanggal 5 Juli 2021.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Muhammad Hafid, Farid Farid, & Anisah Anisah. (2023). Penyuluhan Optimalisasi Rantai Pemasaran Saluran Distribusi Hasil Panen Ikan Nila Didesa Kotapulu. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 222–233. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i2.235

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.