ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM UMKM BERDAYA PADA DOMPET DHUAFA WASPADA MEDAN

Authors

  • Indriyani Septiara Universitas Potensi Utama
  • Muhammad Abrar Kasmin Hutagalung Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i2.177

Keywords:

Pelaksanaan, UMKM Berdaya, Mustahiq

Abstract

Skripsi dengan judul “analisis pelaksanaan program UMKM Berdaya pada Dompet Dhuafa Waspada Medan” ini ditulis oleh Indriyani Septiara, NIM 1841000009, dengan Pembimbing Bapak M. Abrar Kasmin Hutagalung, M.A

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program UMKM Berdaya dan Faktor penghambat pelaksanaan program UMKM Berdaya pada Dompet Dhuafa Waspada Medan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif deskripsi, yang bertempatan di Dompet Dhuafa Waspada Medan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : Pelaksaaan Program UMKM Berdaya melakukan studi kelayakan, menetapkan jenis usaha dan menyetujui usahanya, melakukan pembimbingan, melakukan pemantauan, pengendalian dan pengawasan, mengadakan evaluasi, dan membuat laporan. Faktor penghambat pelaksanaan program UMKM Berdaya, kesulitan dalam melakukan seleksi calon mustahik, dan kurangnya pengetahuan mustahiq tentang manajemen usaha.

 

 

References

Departemen Agama Republik Indonesia, Qs. al-An’am ; 141 dan terjemahannya.

Departemen Agama Republik Indonesia, Qs. At-taubah : 103 dan terjemahannya.

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Gaung Persada. (2009).

Mahfudlah Fajrie. Budaya Masyarakat Pesisir Wedung Jawa Tengah Melihat Gaya Komunikasi dan Tradisi Pesisiran, Semarang: MangkuBumi Media. (2016).

Syu’aibun. Kewajiban Zakat Dan Keharusan Mengelolanya. Medan: Perdana Publishing. (2017).

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, (2016)

Hamidah. Pendistribusian zakat berbasis ekonomi pada Dompet Dhuafa provinsi Riau, Jurnal Kajian Manajemen Dakwah. Vol 1. (2019).

Minarti, Nana. Zakat Untuk Kemandirian Umat Melalui BAZNAS. Puskasbaznas. (2017).

Nasution, Juliana. Inovasi Pengelolaan Zakat Profesi dan Pengaruhnya terhadap Minat Berzakat di Dompet Dhuafa Waspada. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol 4. (2019).

Putra, Donny. “Analisis Keuangan Terhadap Penerima Manfaat Pengembangan Uaha (UMKM) (Studi Kasus Dompet Dhuafa Waspada)” Skripsi Sarjana; Fakultas Ekonomi Dan Bisnis:Medan (2021).

Situmorang, Syafrizal. Analisis data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis, Medan: USU Press. (2010).

Suwardi Lubis. Metodolog Penelitian Sosial. Medan: USU Prees. (1987).

Wibisono, Yusuf. Mengelola Zakat Indonesia. Jakarta: Kencana. (2015).

Downloads

Published

2023-02-07

How to Cite

Indriyani Septiara, & Muhammad Abrar Kasmin Hutagalung. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM UMKM BERDAYA PADA DOMPET DHUAFA WASPADA MEDAN. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 80–93. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i2.177