ANALISIS ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS BISNIS ONLINE UMAMA GALLERY)

Authors

  • Pinky Vinanika Putri Universitas Potensi Utama
  • Alim Murtani Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i2.169

Keywords:

Penerapan, Islamic Entrepreneurship, Bisnis Online.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif deskripsi, yang bertempatkan di umama gallery medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan islamic entrepreneurship di era digital studi kasus pada bisnis online busana muslim umama gallery menggunakan nilai-nilai islamic yaitu : 1) Shidiq, prinsip kejujuran yang diterapkan seperti memasang foto barang yang sesuai dengan barang yang dijual, 2) Amanah, dapat dipercaya mengirimkan barang yang sesuai dengan pesanan, 3) Tabliq, prinsip tabliq dalam menyampaikan nilai-nilai islamic karena bergaya nagi umat islam harus menggunakan pakaian yang dapat menutup aurat yang diwajibkan agama untuk menutupinya, 4) Fathonah, pemimpin yang memahami, mengerti dan menghayati secara mendalam segala hal yang menjadi hal dan tugas yang menjadi kewajibannya. Kendala yang dihadapi saat melakukan penerapan islamic entrepreneurship di era digital yaitu : 1) kurangnya pengetahuan terhadap produk busana muslim dan lainnya yang berbaur islamic, 2) pegawai melakukan pekerjaan secara tidak jujur, dikarenakan server yang eror yang berakibatkan pegawai tersebut melakukan manipulasi data, 3) kurangnya tenaga profesional pada pegawai atau kasir toko.

 

References

Winardi, Entrepreneur Dan Entrepreneurship,(Depok:Kencana, 2017),H.30

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah, (Prenamedia Group, 2013), H.2

Farid, Kewirausahaan Syariah, (Prenada Media,2017), H.10

Arifianto, Christiany Juditha, Komunikasi Di Era Digital, (Jakarta, 2017), H.10

Indra Laksana,Dkk.,Alquran Fadhilah Dan Disertai Terjemah,(Bandung,Sygma, 2011),H.48

Iskandar,Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta: Gaung Persada,2009) Hal.11

Mahfudlahfajrie, Budaya Masyarakat Pesisirwedungjawa Tengah Melihat Gaya Komunikasi Dan Tradisipesisiran, ( Semarang: Mangkubumi Media, 2016) Hlm 4

Moleong,Metodoligi, (PT Remaja Rosdakarya:2018) H.161

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif , Kualitatif R&D (Bandung Alfabeta,2008) Cet, 6 H. 341

Jurnal Mega Purnama Sari, Penerapan Sidiq, Amanah, Tabligh, Dan Fatonah Terhadap Pegawai Asuransi Jiwa Pada Pt. Prudential Life Assurance Pru-Syariah Cabang Kota Metro,(Kota Metro:2018).

(Q.S Al-Maidah Ayat 67)

MAK.,dkk,(2021). Pengenalan Tentang Akad Pembiayaan Di Dunia Bisnis Secara Syariah. PUBLIDIMAS (Publikasi Pengabdian Masyarakat) h.20

Sanjani & Alim Murtani, (2020), Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, Brand, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Masyarakat Berbelanja di 212 Mart Medan, Jurnal FEB, Vol. 1 No. 1, h. 368

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Pinky Vinanika Putri, & Alim Murtani. (2023). ANALISIS ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS BISNIS ONLINE UMAMA GALLERY). MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 52–65. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i2.169

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.