Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Alfamart Cabang Panda Kabupaten Bima

Authors

  • Khofifah Indar Parawansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Muhajirin Muhajirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Irma Mardian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima

DOI:

https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i4.1020

Keywords:

Discount Program, Purchase Decision, Alfamart

Abstract

This study aims to analyze the influence of discount programs on consumer purchase decisions at Alfamart Panda Branch, Bima Regency. The research method used is quantitative with data collection through questionnaires distributed to Alfamart consumers. The results of the study show that discount programs have a significant influence on consumer purchase decisions. The discounts offered by Alfamart have managed to attract consumers' attention and increase the intensity of purchases. These findings have practical implications for retail managers in designing effective marketing strategies to increase sales.

 

References

Utomo, D. C., Ddk. (2011). Pengaruh potongan harga, pemberian hadiah, dan iklan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kota Purworejo.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran esensi dan aplikasi. Andi Offset, Yogyakarta.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(2).

Sutisna. (2012). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran (Edisi kedua). Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2002). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran (Terjemahan). Erlangga.

Nabillah, Dkk. (2023). Pengaruh flash sale, live shopping, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Brand Skintific di Shopee (Studi kasus mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10). ISSN: 2963-1181.

Muharam, S., & Soliha, E. (2017). Kualitas produk, citra merek, persepsi harga, dan keputusan pembelian konsumen Honda Mobilio. SENDI U, 3, 755-762.

Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh harga dan online customer review terhadap keputusan pembelian case handphone pada marketplace Shopee (Studi pada mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 882-888.

Mada, F. A., & Ugeng, B. H. (2020). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2), 2-10. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. ISSN: 2622-8882, E-ISSN: 2622-9935.

Kusnawan, A. (2019). Pengaruh diskon pada aplikasi e-wallet terhadap minat pembelian impulsif konsumen milenial di wilayah Tangerang. https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/SM/article/view/1861

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (Global edition, 17th ed.). Pearson Education.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisi multivarian dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah. (2019). Pemasaran produk dan merek (Cetakan pertama). Qiara Media, Jawa Timur.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated communications perspective (11th ed.). McGraw-Hill Education.

Anjarin, A. D., Ddk. (2020). Pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian madu pada UMKM Jamaluddin.

Adil, F., & Rini, S. (2013). Pengaruh program diskon terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 77-84. Stie Kesatuan. ISSN 2337-7860.

Published

2024-08-03

How to Cite

Khofifah Indar Parawansyah, Muhajirin Muhajirin, & Irma Mardian. (2024). Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Alfamart Cabang Panda Kabupaten Bima. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(4), 105–122. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i4.1020