The implication of Student Character Education In QS Al Hujurat Verses 1-5 According to Tafsir Ibn Kathir

Authors

  • Andy Riski Pratama Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Charles Charles Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.72

Keywords:

Pendidikan Karakter, Q.S al-Hujurat, Ibnu Katsir

Abstract

Akhlak yang melanda sebagian peserta didik di tanah air. Salah satu indikator terjadinya krisis tersebut adalah karena maraknya pemeritaan di media massa terkait dengan perilaku tidak sopan yang dilakukan oleh peserta didik di sejumlah lembaga pendidikan di tanah air, persoalan ini menunjukkan bahwa pengamalan terhadap sikap akhlak bagi peserta didik menjadi sangat penting dalam pendidikan Islam.. Adapun yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana interaksi peserta didik dengan pendidik dalam Q.S al-Hujurat ayat 1-5 dan implikasinya dalam pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan library research (studi pustaka) yaitu pendalaman, penelaahan dan pengidentifikasikan pengetahuan yang ada dalam kepustakaan (sumber bacaan buku-buku referensi atau hasil penelitian lain) yang berhubungan dengan pembahasan yang diteliti. Paada pembahahasan ini metode yang digunakan yaitu metode deduktif. Dari hasil yang penulis lakukan menunjukkan bahwa akhlak peserta didik dengan pendidik memiliki sikap sopan santun seperti yang terdapat dalam kandungan surat Al-Hujurat ayat 1-5 yaitu, peserta didik tidak boleh mendahului pada saat sedang berjalan bersama pendidik, kecuali meminta izin, ketika kita sedang berbicara dengan pendidik, kita tidak dibenarkan bersuara keras seperti halnya sedang berbicara sesama kita, melainkan dengan suara yang lemah lembut dan penuh dengan rasa hormat. Implikasinya dalam pendidikan Islam, sikap yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik dalam berinteraksi dengan pendidik yaitu mencontoh apa yang telah di jelaskan oleh Allah dalam Q.S al-Hujurat ayat 1-5, maka dengan adanya hal tersebut semua aturan tentang sikap sopan santun akan bisa diterapkan dalam pendidikan Islam.

References

Akhdhiyat, BA (2009). Islamic Education. Bandung: Faithful Library.

Al-Qur'an, L. p. (2007). Al-Qur'an Al Karim and Translation. Bogor: Ministry of Religion.

Hasbullah. (1997). Fundamentals of Educational Sciences. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Islam, l. P. (2010). Abuddin Nata. New York: Rajawali.

Mahmud. (2011). Educational Research Methods. Bandung: Faithful Library.

Mulyasa, E. (2008). Competency Standards and Teacher Certification. Bandung: Youth Rosda Karya.

Mursi, MS (2004). The Art of Educating Children. Jakarta : Al-Kautsar Library.

Nata, A. (2012). Islamic and Western Educational Thought. Jakarta: Rajawali Press.

Suharto, T. (2014). Philosophy of Islamic Education. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Islami, Diana, et al. Q implications. S. Al-Hujurat Verses 1-5 Against Communication Ethics. pp. 249–55

Yusuf, KM (2015). Tarbawi Interpretation of Al-Qur'an Messages About Education,. Jakarta: Amzah.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Andy Riski Pratama, & Charles Charles. (2022). The implication of Student Character Education In QS Al Hujurat Verses 1-5 According to Tafsir Ibn Kathir. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 101–109. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.72