LITERASI SEBAGAI STRATEGI MENARIK MINAT MENABUNG EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG BLAURAN SURABAYA

Authors

  • Uswatun Chasanah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Moh. Rifki Haikal unsuri sby

Keywords:

Literasi, Minat, Pegadaian Syariah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memberikan pengetahuan bahwa literasi yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya menjadi salah satu strategi dalam menarik minat masyarakat menabung emas. Tabungan Emas menjadi salah satu produk yang diminati karena emas memiliki harga beli dan harga jual yang kompetitif. Nasabah menabung mulai dari Rp. 10.000,00 dan dapat melakukan penjualan logam mulai dari 1 gram. Semua proses dapat dilakukan dengan mudah karena menggunakan aplikasi (digital), dan dikelola secara profesional dan transparan. Adapun Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan dua sumber data. Sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak Pegadaian Syaraiah Cabang Blauran Surabaya, data sekunder yang diperoleh dari literatur buku-buku, jurnal, internet dan penelitian terdahulu. Dalam analisis data, penulis di sini menggunakan cara berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi menjadi salah satu strategi pemasaran Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya untuk menarik minat masyarakat menabung emas. Kegiatan literasi yang dilakukan ini, bekerjasama dengan berbagai Instansi, Sekolah-sekolah, kampus dan masyarakat sekitar melalui pemerintah desa atau kelompok-kelompok kajian.

References

Buku (Referensi)

Anggraini, S. (2016). Budaya Literasi dalam Komunikasi. Wacana, XV(3)

Choerudin, A. (2023). Literasi Keuangan. Global Eksekutif Teknologi.

Effendi, N. E. (2022). Strategi Pemasaran. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Haque, M., Iskandar, A. S., & Erlangga, H. (2021). Strategi Pemasaran konsep, teori, dan Implementasi. Pascal Books.

Hartono. (2018). Bimbingan Karier. Prenadamedia Group.

Idri. (2015). Hadis Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. Kencana.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Prenadamedia Group.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Andi Offset.

Lain-lain

Layyina, N. (n.d.). Strategi Literasi Visual dalam meningkatkan Brand Equity pada Likha The Label. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 3–4. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7336/0

Jual Beli Emas secara Tidak Tunai, Pub. L. No. Nomor: 77/DSN-MUI/V/2010, 11 (2010). https://ditbinganis.badilag.net/ekonomisyariah/dokumen_kompilasi/81.pdf

Pegadaian, P. (n.d.). Sejarah Pegadaian. https://www.pegadaian.co.id/profil/sejarah-perusahaan

Putra, Muhammad Deni, Gusti Rahayu Ningsih, F. A. (2021). Analisis Minat Masyarakat Menabung Emas pada Unit Pegadaian Syariah Selayo Solok. Al-bank : Journal Islamic Banking and Finance, 1(No. 1), 43. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/Albank/article/view/2709/1943#

Suhardi. (2021). Pelaksanaan Lelang Benda Jaminan Gadai di Pegadaian Syariah Unit Sultan Adam. UIN Antasari.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Uswatun Chasanah, & Haikal, M. R. (2023). LITERASI SEBAGAI STRATEGI MENARIK MINAT MENABUNG EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG BLAURAN SURABAYA. Al Itmamiy Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), 5(2), 28–43. Retrieved from https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/AI/article/view/697