Efektivitas Manajemen Produksi dan Manajemen Biaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha UMKM Tahu Ibu Yani Desa Purwo Bakti Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo

Authors

  • Azzah Padilah Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Sucipto Sucipto Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahmad Syahrizal Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/ai.v4i2.48

Keywords:

Efektifitas, Manajemen Produksi, Manajemen Biaya, Produksi Tahu Ibu Yani.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menjelaskan penerapan manajemen produksi,  penerapan manajemen biaya dan efektifitas manajemen produksi dan manajemen biaya dalam meningkatkan pendapatan usaha UMKM Produksi Tahu Ibu Yani di Desa Purwo Bakti Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Produksi Tahu Ibu Yani sudah menjalankan fungsi manajemen produksi yaitu perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi dan kontroling. Dalam penerapan manajemen biaya, Ibu Yani menjalankan fungsi manajemen biaya yaitu perencanaan dan aktualisasi biaya produksi tahu. Manajemen produk dan manajemen biaya yang diterapkan oleh usaha Produksi Tahu Ibu Yani telah efektif dalam menghasilkan keuntungan yang optimal. Hal ini didasarkan pada keuntungan yang diperoleh oleh usaha Produksi Ibu Yani telah sesuai dengan perencanaan keuntungan, produksi dan biaya yang telah ditetapkan sebelumnya. 

References

AL-QUR’AN

Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia, 2012.

BUKU

Alfan, Muhammad dan Kamaludin Ahmad Undang. Etika Manajemen Islam. Bandung: Cv Pustka Setia, 2010

Boediono. Pengantar Ekonomi, Jakarta: Erlangga, 2002.

Budiarto, Rachmawan Dkk. Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2015.

Bustami, Bastian dan Nurlela. Akuntansi Biaya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Diyana, Ita Yustian Free. Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, 2017.

Fahmi, Irham. Manajemen Produksi dan Operasi, Bandung: Alfabeta, 2016.

Fahmi, Irham. Pengantar Manajemen Keuangan Teori Dan Soal Jawab, Bandung: Alfabeta, 2016.

FORDEBI dan ADESy. Ekonomi dan Bisnis Islam: Seri Konsep dan Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Islam Jakarta: Rajawali Press, 2016.

Haming, Murdifin. dan Nurnajamuddin, Mahfud. Manajemen Produksi Modern: Operasi Manufaktur dan Jasa 1, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Husnan, Suad. Manajemen Keuangan, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, 2013.

Kamaludin, Undang Ahmad dan Alfan, Muhammad. Etika Manajemen Islam Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Kementerian Perdagangan RI. Analisis Perkembangan Harga Bahan Pangan Pokok Di Pasar Domestik Dan Internasional, Jakarta: Kementerian Perdagangan, 2022.

Kurniati, Edy Dwi. Kewirausahaan Industri, Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Lestari, Kurnia Cahya dan Amri, Arni Muarifah. Sistem Ekonomi Akuntansi (Beserta Contoh Penerapan Aplikasi SIA Sederhana Dalam UMKM), Yogyakarta: Deepublish, 2020

Madura, Jeff. Pengantar Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2001.

Marbun, BN. Kamus Manajemen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003.

Maftucha, Viniyati. Manajemen Produksi, Jakarta: STIE Muhammadiyah Jakarta, 2020

Meinarni, Ni Putu Suci. UMKM Goes Online: Regulasi E-Commerce, Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Methasari, Melanny. Efektifitas Manajemen Piutang dalam Upaya Meningkatkan Modal Kerja Pada PT. BPR Aridha Arta Nugraha, Jakarta: Mitra Sumber Rejeki, 2019.

Moloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.

Mulyadi. Akuntansi Biaya, Yogyakarta: STIE YPKPN, 2009.

Mulyadi. Sistem Akuntansi, Jakarta: Salemba Empat, 2010.

Murtado, Dodo dkk. Manajemen dalam Perspektif Al-Qur‟an dan Hadis, Bandung: Yrama Widya, 2019.

Mubarok, Abdullah dkk. Manajemen Keuangan Aplikasi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Yogyakarta: Expert, 2019

Pohan. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Hanarka Publisher, 2007.

Prasetya, Hery dan Lukiastuti, Fitri. Manajemen Operasi, Yogyakarta: Media Pressindo, 2009.

Prihantoro, Rudi. Konsep Pengendalian Mutu, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

S.R, Soemarso. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifuddin. Metodologi Penelitian, Bandung: Mandar Maju, 2002.

Siagian, Sondang P. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Siregar, Onan Marakali Dkk. Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM, Medan: Purpantara, 2020.

Soekartawi. Faktor-faktor Produksi, Jakarta: Salemba Empat, 2012.

Streers, M. Richard. Efektivitas Organisasi, Jakarta: Erlangga, 1985.

Subagyo, Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Sule, Ernie Tisnawati dkk. Manajemen Bisnis Syariah, Bandung: Refika Aditama, 2016.

Sumayang, Lalu. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi Jakarta: Salemba Empat, 2003.

Supriyono. Akuntansi Biaya Yogyakarta: BPFE, 2006.

Tim Penyusun. Potensi Peningkatan Usaha Mikro Kecil Provinsi Jambi, Jambi: BPS Provinsi Jambi, 2017.

Tim Penyusun. Potensi Usaha Mikro Kecil Sensus Ekonomi 2016 Provinsi Jambi, Jambi: BPS Provinsi Jambi, 2017.

Wibowo, Lili Adi dan Priansa, Donni Juni. Manajemen Komunikasi dan Pemasaran Bandung: Alfabeta, 2017.

Wijaya, David. Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya, Jakarta: Grasindo, 2017.

JURNAL

Alisman. “Analisis Efektifitas Dan Efisiensi Manajemen Keuangan Di Aceh Barat.” Development Economics Departement, Vol. 1, No. 2, 2014.

Bismala. “Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah,” Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, Vol 5, No. 1, 2016.

Budiani, Ni Wayan. "Efektifitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar," Jurnal Ekonomi dan Sosial, Vol. 2, No. 1, 2015.

Danil, Mahyu. “Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Konsumsi pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Kabupaten Bireuen”, Journal Ekonomika, Vol. IV. No. 7, 2017.

Herawati, Efi. Analisis Pengaruh Faktor Produksi Modal, Bahan Baku, Tenaga Kerja, dan Mesin terhadap Produksi Glycerine pada PT Flora Sawita Chemindo Medan, Tesis, Universitas Sumatera Utara, 2008.

Mattoasi. Efektivitas Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Desa Biluango Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bonebolango, Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2020.

Meliyana. Analisis Manajemen Produksi Home Industri Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Home Industry Kerupuk ‘Cengek/Gendar’ Desa Serdangkurinng Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2022

Nailah, Rizkia. Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sebelum dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan Dari Bank Umum Syariah. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018

Harmonis Ria, Efektivitas Home Industry Dalam Meningkatan Pendapatan Keluarga Ditinjau Dari Produksi Islam, Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, 2021

Hidayah Nurul Nopita, Manajemen Produksi Tahu Tempe Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah, Riau:Yayasan Pendidikan Auliaurrasyidin Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurasyidin Tembilahan-Riau, 2022

Rohani Siti, Analisis Potensi UMKM Tahu dan Tempe Terhadap Peningkatan Pendapatan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018

D.Rahmadani Sri, Manajemen Produksi Tahu Tempe Dalam Meningkatan Pendapatan Usaha Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah, PekanBaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau PekanBaru, 2019

Rahma Sri. The Driving Factors for Online Impulse Buying on Shopee Marketplace at The Faculty of Islamic Ecomomics and Business, Jambi : Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2022

Wulan Wal Asih, Manajemen Produksi Usaha Tahu Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Kelurahan Bukit Damar Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir Menurut Ekonomi Syariah, PekanBaru: Univeristan Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau PekanBaru, 2019

Nurwahid, Yudha. Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, Jambi: UIN STS Jambi, 2021.

Pohan. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Hanarka Publisher, 2007.

Purnama, Rosy Pradipta Angga. Analisis Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Lama Usaha, dan Teknologi Proses Produksi terhadap Produksi Kerajinan Kendang Jimbe di Kota Blitar, Malang: Universitas Brawijaya, 2014.

Sabrina. Analisis Manajemen Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Kacang Jaruk Hj. Ati Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan, Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan, 2020.

Trianto, Anton. “Analisis Efefktivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Daerah Di Kota Palembang”. Jurnal Akuisisi: Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. 12, No. 1, 2016.

Wahid, Muhammad Habibih. Efektivitas dan EFfisiensi Pengelolaan Keuangan Daerah dalam Upaya Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Takalar, Makassar, UMM, 2015.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Azzah Padilah, Sucipto Sucipto, & Ahmad Syahrizal. (2022). Efektivitas Manajemen Produksi dan Manajemen Biaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha UMKM Tahu Ibu Yani Desa Purwo Bakti Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo. Al Itmamiy Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), 4(2), 41–55. https://doi.org/10.55606/ai.v4i2.48