Strategi Pemasaran Syari’ah Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Pada Toko Jelutih Pratama (JP) Mart Kelurahan Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari

Authors

  • Lailatul Munawaroh Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Arsa Arsa Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nurlia Fusfita Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/ai.v4i2.46

Keywords:

Strategi Pemasaran, penjualan produk, Toko Jelutih Pratama (JP) Mart.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran Toko Jelutih Pratama (JP) Mart dalam meningkatkan penjualan produk dan melihat apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan pada Toko Jelutih Pratama (JP) Mart. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder.Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari strategi pemasaran, Toko Jelutih Pratama (JP) Mart telah sesuai menerapkan konsep Marketing Mix yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Namun belum optimal pada strategi harga.Serta menerapkan empat komponen strategi pemasaran yaitu segmentation, targeting, positioning, dan differentation.Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan di Toko Jelutih Pratama (JP) Mart ada empat yaitu kondisi dan kemampuan menjual, harga produk, modal dan kondisi organisasi perusahaan.Kondisi kemampuan menjual dan produk dikategorikan baik, sedangkan harga produk dan kondisi organisasi perusahaan dikategorikan belum cukup baik.

References

AL-QURAN

Agama RI, Departemen.Al-Quran Tajwid Dan Terjemah. Jakarta: Sygma exagrafika, 2010.

BUKU

Abdurrahmat Fatoni, Metodologi Penelitian Dan Tehnik Penyusunan Skripsi (Jakarta: PT. Rinaka Cipta, 2006.

Basu Swastha Dharmmesta,Manajemen Pemasaran Edisi 2, (Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, 2016)

Basu Swasta DH dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, (Yogyakarta: Liberty, 1989

Boedi Abdullah & Beni Ahmad Soebani, Metode Penelitian Ekonomi Islam Muamalah, (Bandung: Pustaka Setia,2014).

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan (ANDI: Yogyakarta, 2018).

Hermamawan Kartajaya Dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, (Bandung; Mizan Media Utama, 2006)

Jonotan Sarwono, Metodologi Penelitian Kuantittif Kualitatif, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006)

Meleong L.J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Roskarya Offset, 2018).

Philip Kotler dan Gray Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran. Penerjemah Alexander Sindoro, (Jakarta: PT Indeks, 2004)

Rahmawati, Manajemen-Pemasaran, (Samarinda: Mulawarman University Press, 2016).

Rosady Ruslan, Penelitian Public Relation Dan Komunikasi, (Jakart: PT. Raja Grafindo Persada, 2003)

Suryana, Kewirausahaan, (Jakarta: Salemba Empat Ptria, 2006)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta 2010).

Tati Handayani, Dkk, Manajemen Pemasaran Islam, (Yogyakarta: CV Budi Utama,2019).

V. Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, (Jakarta Selatan :Pustaka Baru Press,2015).

JURNAL& SKRIPSI

Eka Tirta Ashari, Hery Nurdin, ‘Penerapan Digital Marketing Terhadap Strategi Pemasaran Pada Toko Nithalian Colletion’, Dimensi, Volume.9, Nomor.3 : 516-524 November 2020,” n.d.

Erwinsyah Rizkan Fahlevi Dan RR. Siti Munawaroh, "Strategi Pemasaran Untuk Meningkatka Penjualan Pada PT Indocitra Niaga Jaya Banjarmasin", Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, Volume 17 Nomr 1, April 2016.

Hasibuan, Abdul Nasser. “Strategi Pemasaran Produk Funding Di Pt.Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Padangsidimpuan.” Imara: Jurnal Riset Ekonomi Islam 2, no. 1 (June 30, 2018). https://doi.org/10.31958/imara.v2i1.1032.

Mandhikasari And Muntazah, ‘Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Rina Di Kabupaten Brebes’, Jurnal Akrab Juara, Vol 6, No 2, Edisi Mei 2021(92-103).

Muchammad Saifuddin, ‘ Digital Mrketing : Strategi Yang Harus Dilakukam Umkm Saat Pandemi Covid-19’, Jurnal Bisnis Terapan, Volume 05 Nomor 01 (Juni, 2021).

Munadi, Fandi Ahmad. “Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor,” n.d., 15.

Nur Laili Niswa, ‘Strategi Pemasran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Fashion Muslim Pada Toko Antaradinhijabs Di Shopee’, (UIN Sunan Ampel, 2020).

Rizqi Putra Ramadhan, Ovin Liviana Bela, & Hendra Dwi Prasetyo, ‘Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Makaroni Kriukzz’, Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, Vol. 15, No. 01 Februari 2022.

Rusdi, Moh. “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya.” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis 6, no. 2 (December 6, 2019): 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686.

Siti Rozinah, Audri Meiriki, ‘Pemanfaatan Digital Marketing Pada Udaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Tanggerang Selatan’, Jurnal JDM, Volume. 2 Nomor. 2 September 2020,” n.d.

Sulistyo, Ervin, and Arfianti Novita Anwar. “Strategi Pemasaran Dalam Islam Pada Toko Atik Mandiri Di Desa Bandar Sungai, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak” 9, no. 1 (2020): 15.

Tanjung, Samsidar. “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Di Toko Ud. Maya Gunungt Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Uatara” 4, no. 3 (n.d.): 7.

Titin Agustin Nengsih, Ayu Minarsi, and Muhammad Ismail, “Unggul Bersaing Batik Jambi: Studi Batik Berkah Jambi” Jurnal Manajemen Dan Sains, 6(2), Oktober 2021.

Titin Agustin Nengsih, Arsa, and Pradita Sari Putrid, “Determinan Minat Menabung Masyarakat I Jbb Bank Syariah : Studi Empiris Di Kota Jambi” Journal Of Business And Bangking, Volume 11, Number 1 Mei-Oktober 2021.

Titin Agustin Nengsih, Fani Kurniawan, And Ahmad Syukron Prasaja, “Analisis Perbandingan Membeli Di Pasar Tradisional Dan Modern”, Indonesia Jurnal Of Islamic Economics And Business, Volume 6, Nomor 1 June 2021.

Titin Agustin Nengsih, “Analisis Minat Masyarakat Terhadap Baitul Mal Watmwil Di Kota Jambi”, Statistika, Vol. 13, No.1, Mei 2013.

Titin Agustin Nengsih and Agustina Mutia, "Pendampingan Strategi Pemasaran Dan Laporan Keuangan Pada UMKM di Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi"

Wardana, Yugha, and Teguh Wicaksono. “Analisis Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Ibu Faridah,” n.d., 6.

Yenni Yuniarti Dkk, "Strategi Pmesaran Produk Digital Printing Pada CV. FNB Digital Jambi", Vol 1 No 1 Januari-Maret 2012,” n.d.

WAWANCARA

Surrahman, “Hasil Wawancara Owner Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Pusri, “Hasil Wawancara Manajer Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Femi Yermiza, “Hasil Wawancara Admin Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Uswatun, “Hasil Wawancara Karyawan Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Sari Maharani, “Hasil Wawancara Karyawan Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Selvi Vitasari, “Hasil Wawancara Karyawan Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Miftahul Hisap, “Hasil Wawancara Karyawan Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Zuhria, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Daro Jatul, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Sayuti, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Bagas, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Laili, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Fatimah, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Desmawati, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Arsil, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Fatimah, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Anggita, “Hasil Wawancara Konsumen Toko”, Tanggal 3 September 2022.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Lailatul Munawaroh, Arsa Arsa, & Nurlia Fusfita. (2022). Strategi Pemasaran Syari’ah Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Pada Toko Jelutih Pratama (JP) Mart Kelurahan Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari. Al Itmamiy Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), 4(2), 26–40. https://doi.org/10.55606/ai.v4i2.46