Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Umkm di Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Havifa Havifa Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Anzu Elvia Zahara Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Ismail Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/ai.v4i2.45

Keywords:

Teori Pendapatan, Usaha Mikro dan Covid-19.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap pendapatan pedagang mikro dan upaya yang dilakukan pedagang mikro dalam mempertahankan pendapatan di Daerah Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Adapun jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriftip dengan jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan analisis adalah analisis domain, teksonomi dan komponensial. Hasil penelitian menjelaskan dampak pandemi covid-19 terhadap pendapatan pedagang mikro di Daerah Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur diantaranya sebagai berikut: adanya peningkatan ekonomi karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan, usaha mikro dapat mengurangi pengangguran karena dampak pandemi covid-19 dan berdampak pada meningkatkan pendapatan masyarakat meskipun tidak stabil. Upaya yang dilakukan pedagang mikro dalam mempertahankan pendapatan di daerah Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur diantaranya pelaku usaha selalu mengupayakan pembiayaan modal seefektif mungkin karena keadaan ekonomi yang menurun dengan harga makanan pokok semakin meningkat. Pelaku usaha juga mengupayakan strategi yang efektif untuk produksi dan bahan baku yang terjangkau serta pelaku usaha memaksimalkan kualitas produk, menentukan harga dan promosi kerupuk udang kletek sesuai daya beli masyarakat.

References

A. Literatur Al-Quran Terjemah

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran Terjemah, Jakarta: Insan Madani, Depag RI

Dapartemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Tafsirnya Jilid X Juz 21-22-23, n.d.

B. Literatur Buku

A.a Miftah, and Ambok Pangiuk. Pemberdayaan Ekonomi Dan Bisnis Islam Muslim Jambi Dalam Persfektif Wirausaha. Malang: Ahlimedia Press, 2020.

Abdul, Manap. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.

Abdurohim, Dindin. Strategi Pengembangan Kelembagaan USAHA RUMAHAN. Yogyakarta: Bintang Pustakan Madani, 2020.

Ais, Zakiyudin. Teori Praktik Manajemen Sebuah Konsep Yang Aplikatif Disertai Profil Wirausaha Sukses. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013.

Ali, Hasan. Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Arikunto. Prosedur Penellitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2008.

Djama’an, Satori, and Aan Komariah. Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.

Lexy J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Liswati. Produk Kreatif Dan Kewirausahawan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana, 2018.

M. Hasbi dkk. Pedoman Penulisan Skripsi. Jambi: Syariah Press Fakultas Syariah, 2012.

Mannan, Muhammad Abdul. Teori Dan Praktik Manajemen Keuangan Syariah. Yogyakarta: PT. Dana Bakti Wakaf, 1995.

Mardikanto, Totok. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Persfektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta, 2015.

M.Djumaidi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: KDT, 2016.

Mubyarto. Ekonomi Rakyat Dan Program IDT. Yogyakarta: Aditya Media, 1996.

Muhamad, Ismail DK. Menggagas Bisnis Islam,. Jakarta: Gema Insani, 2002.

Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referenci, 2013.

Munawaroh. Panduan Memahami Metodologi Penelitian. Jawa Timur: Anggota IKAPI, 2013.

Muti, Sumarni. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Liberty, 2002.

Nasution, Mustafa Edwin dkk. Pengenalan Eksklusif Manajemen Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana, 2006.

Phillip, Kotler, and Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Prehallindo, 1997.

Sagala, Rumadani. Dakwah Dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. Bandar Lampung: Fakta Press Fakultas Tarbiyah, 2019.

Sofjan, Assauri. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep Dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers, 1990.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

———. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2018.

Suharyati dkk. Aspek Kewirausahaan Wanita Dalam Mengembangkan USAHA RUMAHAN Kota Depok. Jakarta: CV Budi Utama, 2020.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Tarmudji, Tarsis. Prinsip-Prinsip Wirausaha. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 1996.

Una, Sayuti. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Revisi. Jambi: Syariah Press, 2012.

Usman, Effendi. Asas Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

C. Jurnal dan Prosiding

Ahmad Fadli, Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Umkm Di Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Muhammadiyah Mataram, 2021

Ardianti, Delva, and Alim Murtani. “Analisis Peran Istri dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Rumah Tangga Dirinjau Dari Manajemen Keuangan Syariah (Studi Kasus pada Masyarakat Kelurahan Pekan Labuhan Kec. Medan Labuhan Kota Medan),” n.d., 10.

Siti Aisyah, Dampak Pandemi Covid-19 bagi UMKM Serta Strategi E-Marketing UMKM di Indonesia, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2020

Suci, Yuli Rahmini. “Perkembangan Usaha Rumahan (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) di Indonesia” 6, no. 1 (2017): 8.

Utama, Iston Dwija. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (usaha rumahan) Pada Era Digital di Kota Bandung.” Equilibrium :Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya 7, no. 1 (January 31, 2019).

Wan Laura Hardilawati, Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19, skripsi mahasiswa Universitas Gajah Mada, Malang, 2020.

D. Skripsi

Astutik, Maulina Widi. Skipsi Usaha Kripik Singkong Untuk Meningkatkan Ekonomi Pengusaha Dalam Prespektif Manajemen Keuangan Syariah (Studi Kasus Di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan). Surabaya, 2019.

Enjel, Sesil. Skripsi Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (Usaha Rumahan) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Manajemen Keuangan Syariah. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.

Rahmi Rosita, Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm di Indonesia mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis DOI: 10.34127/jrlab.v9i2.380Volume 9 No 2,November 2020ISSN Cetak 2252-9993, ISSNOnline 2598-618X.

Rian Hidayat, Strategi Pengembangan Umkm di Masa Pandemi Covid-19, skripsi mahasiswa Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang, hlm. 2021.SS

Mulyani. Skripsi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Rumah Makan Bakmi Witosari 2 Purwokerto Timur. Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2019.

Vioriska, Ella Novita. Skripsi Peran Home Industry Terhadap Ekonomi Keluarga Perspektif Manajemen Keuangan Syariah. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Havifa Havifa, Anzu Elvia Zahara, & Muhammad Ismail. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Umkm di Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Al Itmamiy Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), 4(2), 11–25. https://doi.org/10.55606/ai.v4i2.45