ANALISIS PERAN INTERNAL AUDIT DALAM MENGAWAL GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus Pada PT Surabaya Industrial Estate Rungkut)

Authors

  • Bintang Alief Pratama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ida Bagus Ketut Bayangkara Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hananto Hananto PT Surabaya Industrial Estate Rungkut

DOI:

https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i1.82

Keywords:

Internal Audit, Good Corporate Governance, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut.

Abstract

Internal audit yang modern tidak lagi terbatas fungsinya dalam bidang pemeriksaan keuangan tetapi sudah meluas ke bidang lainnya seperti audit manajemen, audit lingkungan hidup, audit sosial, dan lain-lain. Sejalan dengan berkembangnya profesi internal auditor di era globalisasi, perubahan persepsi dan pergeseran paradigma fungsi internal audit kini menjadi paradigma baru dengan pendekatan berbasis pemberian nilai tambah (value added) bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Internal Audit Dalam Mengawal Good Corporate Governance Pada PT Surabaya Industrial Estate Rungkut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara dan observasi. Kriteria yang digunakan yaitu berdasarkan pada Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN No. SK-16/S.MBU/2012. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan kelemahan atau ketidaksempurnaan atas setiap aspek yang nantinya akan menjadi perhatian dan perbaikan “Area Of Improvement” (AOI) bagi perusahaan di masa yang akan datang.

References

Agoes, S. (2017). Auditing : Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik, Buku 1, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Agoes, S. (2019). Auditing : Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik, Buku 2, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Effendi, M. A. (2006). Perkembangan Profesi Internal Audit Abad 21. Paper, Dipresentasikan pada kuliah umum, Universitas Internasional Batam (UIB) Batam.

Hery. (2017). Auditing dan Asurans. Jakarta: Grasindo.

Mauliddyah, N. &. (2017). Analisis Peran Audit Internal Sebagai Penunjang Penerapan Good Corporate Governance (GCG)(Studi Pada PT. Krakatau Bandar Samudera (Kbs) Cilegon-Banten).

Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN Nomor : SK-16/S.MBU/2012 Tentang Indikator/Parameter Penilaian Dan Evaluasi Atas Penerapan Tata Kelola Yang Baik (Good Corporate Governance) Pada BUMN. (2022, Oktober 11). Diambil kembali dari https://jdih.bumn.go.id/baca/SK-16/S.MBU/2012.pdf

Rastina, R. &. (2019). Pengaruh Peran Satuan Pengawas Internal Terhadap Persepsi Auditee Pada Politeknik Negeri Ujung Pandang. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 279-284.

Rustam, B. R. (2017). Manajemen Risiko: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Yuliatma, T. &. (2011). Pergeseran Paradigma Audit Internal Tradisional Menjadi Audit Internal yang Memberikan Nilai Tambah Bagi Organisasi (Studi Kasus Pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.) . (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Bintang Alief Pratama, Ida Bagus Ketut Bayangkara, & Hananto Hananto. (2022). ANALISIS PERAN INTERNAL AUDIT DALAM MENGAWAL GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus Pada PT Surabaya Industrial Estate Rungkut). MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 01–10. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i1.82

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.