PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022

Authors

  • Faridahtul Jannah Universitas Panca Marga
  • Thooriq Irtifa’ Fathuddin UPT SD Negeri 323 Gresik
  • Putri Fatimattus Az Zahra Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36

Keywords:

Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.

Abstract

Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang bermacam-macam agar peserta didik lebih optimal dan memiliki konsep dan menguatkan kompetensi yang dimilikinya. Pendekatan pada penelitian ini amenggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data penelitan ini menggunakan analisis deskriptif. Pada analisis tersebut, data dimaknai secara deskriptif dan dituangkan secara naratif.  Hasil penelitian terdapat beberapa problematika yang ditemukan saat mengimplementasikan kurikulum merdeka 2022 di kedua sekolah tersebut. Dalam Kurikulum merdeka ini guru dituntut lebih kreatif dalam merancang modul ajar, tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran sehingga seorang guru tidak dapat lagi sembarangan dalam pembuatan RPP guna merancang KBM dalam setiap pekan. Pekerjaan sekolah tujuannya hanya sebagai penguatan profil pelajar Pancasila. PS tetap diberikan kepada peserta didik setiap harinya akan tetapi tidak hanya pada pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran juga  perlu dilaksanakan di luar kelas guna meningkatkan keaktifan peserta didik dan menginovasikan dirinya.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2021). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Efendi, Y. B. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Belajar yang Akan Gantikan Kurikulum 2013, Sudahkan tau? 08 Juli 2022. https://grobogan.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-2294955460/kelebihan-dan-kekurangan-kurikulum-merdeka-belajar-yang-akan-gantikan-kurikulum-2013-sudahkah-tahu?page=3

Inkiriwang, N. (2019). Implementasi biasanya dilakukan setelah perencanaan sudah dianggap fix. Implementasi juga bisa berarti pelaksanaan yang berasal dari kata bahasa Inggris Implement yang berarti melaksanakan. 15–38.

Depdiknas. 2008. Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46. ult.kemdikbud.go.id

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No. 162 Tahun 2021

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Sriandi, Adelia K. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Kawasan Sekolah Plosok. 6 Juni 2022. https://www.kompasiana.com/adelia0153/629cfcd1df66a7408440d373/problematika-implementasi-kurikulum-merdeka-di-kawasan-sekolah-pelosok.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Teknologi, D. A. N. (2022). Kebijakan Kurikulum 17.

Zed, Mustika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Faridahtul Jannah, Thooriq Irtifa’ Fathuddin, & Putri Fatimattus Az Zahra. (2022). PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36