PENDIDIKAN IPA BERVISI SETS DALAM FILSAFAT MULTIDIMENSI

Authors

  • Mulia Rasyidi Institut Pendidikan Nusantara Global Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat
  • Muhammad Sarjan Universitas Mataram
  • Agus Muliadi Universitas Pendidikan Mandalika
  • Asrorul Azizi Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Hamidi Hamidi Universitas Mataram
  • Iswari Fauzi Politeknik Kesehatan Mataram
  • Muhammad Yamin Universitas Mataram
  • Muh. Zaini Hasanul Muttaqin Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Bakhtiar Ardiansyah Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Nusa Tenggara Barat
  • Rindu Rahmatiah Universitas Mataram
  • Sudirman Sudirman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Yusran Khery Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.32

Keywords:

Pengetahuan, IPA, Pembelajaran.

Abstract

Pengetahuan yang dimiliki seseorang pada dasarnya berupa konsep-konsep. Konsep-konsep ini diproleh individu sebagai hasil berinteraksi dengan lingkungan. Dengan konsep-konsep dapat disusun suatu prinsip, yang dapat digunakan sebagai landasan dalam berpikir.

Asy’ari (2006) menyatakan bahwa pembelajaran IPA pada hakikatnya mencakup beberapa aspek yaitu faktual, keseimbangan antara proses dan produk, aktif melakukan investigasi, bepikir deduktif dan induktif, pengembangan sikap, oleh karena itu IPA merupakan ilmu empirik yang membahas tentang fakta dan gejala alam maka dalam pembelajarannya harus faktual, artinya tidak hanya secara verbal sebagaimana terjadi pada pembelajaran secara tradisional.

References

Chiappetta, E.L., & Koballa, T.R. (2010). Science Instruction in The Middle and secondary School 7th Edition. Boston: Allyn And Bacon.

Wisudawati, A.W., & Sulistyowati E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Habibah, S. (2021). Relevansi Manusia Multidimensi Murtadha. Jurnal Studi Pendidikan Islam. (Vol.4 No.2)

Pedretti, E. (2003).Teaching science, technology, society and environment (STSE) education Preservice teachers' philosophical and pedagogical landscapes. Dalam D.L. Zeidler (ed.), The role of moral reasoning on socio-scientific issues and discourse in science education, 219-239. Kluwer Academic Publishers. Printed in the Netherlands.

Pedretti, E. & Nazir, J. (2010). Currents in STSE education: Mapping a complex field, 40 years on. Science Education, 603-626.

Asy’ari. M., 2006. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat: Dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Nurhairani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Perkuliahan Pendidikan Ipa. Jurnal Sekolah (JS). Vol 2 (1) (87-93)

Rasyidi, M. Pengaruh Pembelajaran SETS Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2020): 161–62

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Mulia Rasyidi, Muhammad Sarjan, Agus Muliadi, Asrorul Azizi, Hamidi Hamidi, Iswari Fauzi, … Yusran Khery. (2022). PENDIDIKAN IPA BERVISI SETS DALAM FILSAFAT MULTIDIMENSI. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 30–36. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.32