Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Kelas 4 MDTA Banun Banat Cipulus
DOI:
https://doi.org/10.55606/ay.v6i2.1025Keywords:
Singing Method,, Vocabulary Acquisition,, Arabic Language,Abstract
Penguasaan kosa kata dalam pembelajaran Bahasa Arab sangat penting untuk mendukung kemampuan menulis, membaca, dan berbicara peserta didik. Metode pembelajaran yang tepat diperlukan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata, salah satunya adalah metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab di kelas 4 Mdta Banun Banat Cipulus. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi secara signifikan meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab. Pada siklus I, rata-rata penguasaan kosa kata adalah 72,50% dengan kategori baik, sementara pada siklus II meningkat menjadi 84,67% dengan kategori sangat baik. Selain itu, jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 55,56% pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus II. Metode bernyanyi menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, meningkatkan antusiasme dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab dan dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran yang menarik dan efektif di lingkungan pendidikan formal dan non-formal.
References
Dianti, Yira. 2017. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 5–24.
Ekawati, Dian, and Ahmad Arifin. 2022. “Pendekatan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, Dan Implementasi.” An Nabighoh 24(1):111. doi: 10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818.
Febrianingsih, Dian. 2021. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 2(2):21–39.
Husniati, Tutik. 2013. “Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa Dengan Metode Quantum Learning Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs N Bantul Kota.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Ii, B. A. B. n.d. “Fadilah, M., Desain Pembelajaran Puad, (Jogjakarta:Ar-Ruzz, 2012), Hal. 161 11.” 11–48.
Ii, B. A. B., and A. Membaca. 2008. “Membaca.” 48.
Kurniawati, putri. 2017. “No Titleالابتزاز الإلكتروني.. جرائم تتغذى على طفرة «التواصل ال.” Universitas Nusantara PGRI Kediri 01:1–7.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3(2):333. doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.
Ridwan, Ridwan, and A. Fajar Awaluddin. 2019. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 13(1):56–67. doi: 10.30863/didaktika.v13i1.252.
Sudaryati, Sri, Petrus Jacob Pattiasina, Deswalantri Deswalantri, Ulfa Widayati, Arief Yanto Rukmana, Normasunah Normasunah, Meisuri Meisuri, and Sirilus Karolus Keroponama Keban. 2023. “Keterampilan Membaca.” (December):1–143.
Syahid, Nur. 2020. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam. Vol. 7.
Widya, Satya, Syifa Wafirotul Khusna, Wahyu Purwasih, Siti Sarah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, and Uin KH Saifuddin Zuhri Purwokerto. 2022. “Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik.” 38(1):2022.
Wulandari, Putri. 2018. “Efektifitas Pelaksanaan Metode Bernyanyi Dalam Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Di Raudhatul Athfal Ibnu Sina 2 Pekanbaru.” 11–31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.