Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Pada Pelaku UMKM Kopi di Desa Puspo

Authors

  • Ummu Nadhiroh Islamiah UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Dona Wahyuning Laily UPN “Veteran” Jawa timur

DOI:

https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i3.416

Keywords:

Pemasaran,, Pemasaran digital, UMKM

Abstract

Digital marketingimerupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan para pelaku UMKM untuk mengambangkan jaringan pemasaran dan memajuakn sebuah usaha. Permasalahan yang dihadapi para petani dan pelaku usaha di Desa Puspo adalah kurangnya pemahaman akan penggunaan sistem digital marketing. Masyarakat masih mengandalkan pemasaran secara konvensional untuk memasarkan produk mereka. Tujuan dari sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya penerapan digital marketing dalam sebuah usaha. Metode pelaksanaan dari kegiatan ini dilakukan dengan cara penyuluhan/penyampaian materi dan pendampingan pemanfaatan e-commerce sebagai platform pemasaran digital. Hasil pengabdian ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dan mendapatrrespon yang baikadari para peserta. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaannyang diajukan dan adanya diskusi secara dua arah.

References

Bagus, M., Pradnyanthya, L., Agung, A., Putra, P., Wirawan, I. P. A., Mahyuni, L. P., & Wirsa, I. N. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Era Pandemi Empowering MSMEs through the Introduction of Digital Marketing , Especially Social Media As A Means of Promotion in the Pandemic Era. 7(2), 285–292.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hazwardy, D., & Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 81–88. https://mail.journal.unjani.ac.id/index.php/jkwk/article/view/11

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659. https://doi.org/10.25077/jwa.28.3.272-278.2021

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Ummu Nadhiroh Islamiah, & Dona Wahyuning Laily. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Pada Pelaku UMKM Kopi di Desa Puspo. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 1(3), 127–131. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i3.416