Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Pada Pelaku UMKM Kopi di Desa Puspo
DOI:
https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i3.416Keywords:
Pemasaran,, Pemasaran digital, UMKMAbstract
Digital marketingimerupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan para pelaku UMKM untuk mengambangkan jaringan pemasaran dan memajuakn sebuah usaha. Permasalahan yang dihadapi para petani dan pelaku usaha di Desa Puspo adalah kurangnya pemahaman akan penggunaan sistem digital marketing. Masyarakat masih mengandalkan pemasaran secara konvensional untuk memasarkan produk mereka. Tujuan dari sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya penerapan digital marketing dalam sebuah usaha. Metode pelaksanaan dari kegiatan ini dilakukan dengan cara penyuluhan/penyampaian materi dan pendampingan pemanfaatan e-commerce sebagai platform pemasaran digital. Hasil pengabdian ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dan mendapatrrespon yang baikadari para peserta. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaannyang diajukan dan adanya diskusi secara dua arah.
References
Bagus, M., Pradnyanthya, L., Agung, A., Putra, P., Wirawan, I. P. A., Mahyuni, L. P., & Wirsa, I. N. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Era Pandemi Empowering MSMEs through the Introduction of Digital Marketing , Especially Social Media As A Means of Promotion in the Pandemic Era. 7(2), 285–292.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hazwardy, D., & Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 81–88. https://mail.journal.unjani.ac.id/index.php/jkwk/article/view/11
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659. https://doi.org/10.25077/jwa.28.3.272-278.2021
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616