Sosialisasi Penerapan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran

Authors

  • Minar Trisnawati Tobing Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar
  • Lisbet Sihombing Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar
  • Nancy Purba Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i1.182

Keywords:

Sosialisasi, media, kartu hurfuf.

Abstract

Kemampuan berbahasa pada anak hendaknya ditanamkan sejak usia dini, dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal hingga lingkungan sekolahnya. Dibutuhkan lingkungan yang kaya untuk mendukung kemampuan berbahasa anak. Bagi seorang anak, berbicara merupakan suatu kunci keberhasilan dan menjadi faktor terpenting dalam berinteraksi sosial Kartu kata bergambar adalah kartu yang berukuran tertentu seperti berbentuk persegi atau persegi panjang, kartu kata bergambar dapat dipergunakan untuk mengenalkan berbagai macam gambar, huruf abjad, dan kosakata kepada anak. Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam menggali keterampilan dalam membuat media kartu kata, Kartu huruf bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca bagi siswa usia awal sekolah.  Pada kegiatan ceramah dan diskusi materi PkM dibagi menjadi 2 topik yaitu pendampingan guru dan membangun meningkatkan strategi pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar. Tujuan kegiatan ini agar guru-guru mampu memahami bagaimann cara meningkatkan prestasi belajar anak agar menjadi lebih baik lagi.

References

Amalia, H. R. (2020). Pengaruh Media Pada Pembelajaran Tematik Di MI MA'Arif Nu 1 Rancamaya Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.

Ardansyah, H. d. (2017). Statistika Pendidikan. (A. Daulay, Ed.) Medan: Perdana Publishing.

Astuti, I. M. (2017). Hidup Rukun Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Vol. vi).

Delfi Citra Utami, L. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. 1-6.

Firdaus, P. H. (2019, Maret). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. Japra, 2 Nomor 2, 65-73.

Hamimah, S. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 4, No 1, 1926-1939.

Muhammad Hasan, M. T. (2021). Media Pembelajaran (Vol. 260). (F. Sukmawati, Ed.)

Mukarrama. (2018). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Murid Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN 20 Tala-Tala Kabupaten Bantaeng.

Shalatsi Havisa, S. d. (2021, Januari). Pengaruh Metode Suku Kata Menggunakan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Papeda, 3 Nomor 1, 23-31.

Tafonao, T. (2018, Juli). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal Komunikasi Pendidikan, 2 No. 2, 103-114.

Utsnani Qomari, B. N. (2021, Februari). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini Di Desa Rempung. Journal Homepage, 1 Nomor 1, 31-35.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Minar Trisnawati Tobing, Lisbet Sihombing, Nancy Purba, & Eva Pasaribu. (2023). Sosialisasi Penerapan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 1(1), 72–76. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i1.182