Pelatihan Media Terbarukan Berbasis Virtual Reality Bagi Tenaga Kependidikan, Laboran dan Pustakawan di SMPN 3 Mranggen Demak
DOI:
https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i1.181Keywords:
Virtual Reality, Inovasi Teknologi, Tenaga Kependidikan, Pasca Pandemi Covid 19Abstract
Tahun 2022 merupakan era perubahan yang besar dan mendadak karena pandemic Covid-19. Sektor pendidikan mengalami dampaknya. Salah satu solusi bagi tenaga kependidikan dalam mempromosikan sekolahnya dan paraktek di laboratoratorium atau perpustakaan adalah dengan menggunakan teknologi Virtual Reality sebagai media alternatifnya. Dengan memanfaatkan media Virtual Reality ini, tentu akan membuat pembelajaran dan pelayanan akademik lebih menarik, inovatif, dan memberikan imajinasi lebih baik bagi siswa dalam belajar baik pada waktu jam belajar atau diluar jam belajar. Tentu saja kombinasi-kombinasi kegiatan lanjut dengan pemanfaatan media ini perlu disiapkan oleh karyawan atau tenaga kependidikan.
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk; (1) memberikan pengenalan kepada tenaga kependidikan di SMPN 3 Mranggen mengenai media Virtual Reality sebagai alternative media pembelajaran, media promosi sekolah, media perpustakaan, dan (2) melatih tenaga kependidikan SMPN 3 Mranggen untuk mampu memanfaatkan media terbarukan di laboratorium, Tata Usaha maupun perpustakaan. Metode yang diterapkan dalam program pengabdian ini, yaitu metode presentasi, metode demonstrasi, dan metode praktik. Metode presentasi diterapkan dalam pengenalan software hypermedia menggunakan aplikasi millealab, kemanfaataannya, dan penerapannya dalam pembuatan media berbasis virtual reality, metode demonstrasi mengenai pengoperasionalisasian program dan metode praktik dimana tenaga kependidikan mempraktikkan secara langsung pembuatan media pembelajaran sesuai kebutuhan masing-masing dengan pemanfaatan media berbasis virtual reality.
References
Arsyad, A. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asikin, N., Nevrita, N., & Alpindo, O. (2019). Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran berbasis virtual reality untuk guru-guru IPA kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 71-76.
Goldschmidt, K., & Msn, P. D. 2020. The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Helmie, J., Nurviyani, V., Ristiani, I., Taufik, M. S., & Mulyana, A. (2022). Pelatihan Implementasi Virtual Reality (VR) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru Sd Di Kec. Cipanas. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(1), 34-40.
Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 2021. Inovasi teknologi di masa pandemi karya anak bangsa. Diakses melalui https://itjen.kemdikbud.go.id/webnew/2021/09/30/inovasi-teknologi-di-masa-pandemi-karya-anak-bangsa/
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174-182.
Pranata, M. A., Santyadiputra, G. S., Sindu, I. G. (2017). Rancangan game balinese fruit shooter berbasis virtual reality sebagai media pembelajaran. Janapati: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(3), 256-270.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. 2020. Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Sari, Azani Cempaka. 2018. Virtual Reality. Diakses melalui https://socs.binus.ac.id/2018/11/29/virtual-reality/
Veronica, T., & Firdaus, M. F. (2020). Coursesponic: Aplikasi Pelatihan Hidroponik Berbasis Virtual Reality Studi Kasus Pada Hidroponik Casa Farm. eProceedings of Applied Science, 6(3).
WHO. (2020a). Archived: WHO Timeline - COVID-19. Retrieved September 21, 2020, from https://www.who.int/newsroom/detail/27-04-2020-who-timeline--- covid-19
WHO. (2020b). Coronavirus. Retrieved from https://www.who.int/healthtopics/coronavirus#tab=tab_1
Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. 2020. Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 1–4.