Konsep Fisika Dan PhET Simulation Sebagai Alternatif Media Pembelajarannya

Authors

  • Hadi Imam Sutaji Universitas Nusa Cendana
  • Ali Warsito Universitas Nusa Cendana
  • Bernandus Bernandus Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v3i2.1284

Keywords:

PhET Simulation, media pembelajaran, konsep fisika, mahasiswa fisika

Abstract

Konsep fisika, media dan inovasi pembelajaran serta teknologi merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran fisika. Pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran merupakan hal mutlak yang harus dilakukan, terutama teknologi berbasis komputer dengan berbagai aplikasi simulasinya. PhET Simulation merupakan salah satu bentuk aplikasi simulasi yang berisikan banyak simulasi dengan topik materi fisika sehingga penting untuk dikenalkan pada mahasiswa fisika. Pengenalan tersebut bertujuan agar mahasiswa fisika dapat menerapkan berbagai topik materi yang dipelajari dalam bentuk simulasi praktikum maupun eksperimen sehingga dapat memahami konsep fisika yang dipelajari. Hasil kegiatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pemahaman konsep fisika dapat ditingkatkan melalui bantuan PhET Simulation sebagai alternatif media pembelajarannya.

References

Baroroh, A. Z., Kusumastuti, D. A., & Kamal, R. (2024). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(4), 269–286. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1952

Irawan, I., Merakati, I., Sudarso, H., Roswati, R., Wiliyanti, V., & Rukiyanto, B. A. (2024). Analisis peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran kolaboratif di lingkungan perguruan tinggi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16192–16197. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37347

Mahardika, I. K., Camelia, E., Fatikhah, I. A., Naufal, F. A., Pratiwi, R. Y., Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Efektivitas PhET Simulation sebagai media pembelajaran fisika dasar I mahasiswa S1 Pendidikan IPA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 463–468. https://doi.org/10.5281/zenodo.7421510

Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan PhET Simulation dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik. JIPFI: Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136–141. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.12900

Muna, A. K., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2023). Penerapan media pembelajaran menggunakan PhET Simulation untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hukum Newton. JIPPF: Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 15–23. https://doi.org/10.26418/jippf.v4i1.55564

Ratnawulan, T., Yoseptry, R., Kusmiati, I., & Widiawati, L. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(2). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1167

Supriatna, C. (2024). Era baru pendidikan: Pemanfaatan teknologi dalam mencapai tujuan pendidikan Indonesia. EMEIJ: Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3154–3162. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1202

Downloads

Published

2025-04-09

How to Cite

Hadi Imam Sutaji, Ali Warsito, & Bernandus Bernandus. (2025). Konsep Fisika Dan PhET Simulation Sebagai Alternatif Media Pembelajarannya. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 3(2), 69–76. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v3i2.1284