Pengembangan UMKM dengan Cara Branding dan Pembuatan Akun Media Sosial Instagram di Desa Tambak Lekok, Desa Jatirejo dan Desa Tampung

Authors

  • Ardica Karunia Pradana Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Maytita Tri Hardiyanti Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Zulfa Aji Rani Isnuitama Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Rahayu Mardikaningsih Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Mila Hariani Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Rommy Hardyansah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Dharma Setiawan Negara Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i4.1079

Keywords:

Development, Brand Image, Customers

Abstract

This community service is related to the development of MSMEs that use branding strategies. Branding can include several important aspects that help strengthen the brand's identity and position in the market. Strong branding makes the brand more easily recognized and remembered by consumers, helps differentiate it from competitors. A strong brand can build emotional connections with customers, resulting in long-term loyalty. Unique branding helps differentiate a product or service from those offered by competitors, creating a competitive advantage.

References

Ali, R., Wahyu, F. R. M., Darmawan, D., Retnowati, E., & Lestari, U. P. (2022). Effect of electronic word of mouth, perceived service quality and perceived usefulness on Alibaba’s customer commitment. Journal of Business and Economics Research, 3(2), 232–237.

Angelina, S. F., Yahdillah, M., Mardikaningsih, R., Halizah, S. N., Darmawan, D., Rizky, M. C., & Hardyansah, R. (2023). Kontribusi mahasiswa KKN Universitas Sunan Giri Surabaya terhadap UMKM Ayam Panggang Rakyat Mbah Romlah Dusun Bulang Desa Kloposepuluh. Indonesia Bergerak: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 1(4), 09–16.

Astuti, W., Mazia, L., Prasetyo, J. H., Sarasati, F., Dabi, J., Maharani, S., Leksmono, N. H., Samiaji, D. R., & Fathurahman, D. (2023). Optimalisasi digital marketing sebagai media informasi dan pemasaran produk bagi anggota komunitas UMKM Naik Kelas. Jurnal Abdimas Perbanas, 4(1), 1–11.

Bayhaqi, H. N., Sulaiman, S., Darmawan, D., Arifin, S., Rizky, M. C., Munir, M., & Putra, A. R. (2024). Penerapan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan pada usaha mikro Super Baret konveksi di Kampung Topi Punggul Sidoarjo. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 2(2), 6–12.

Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). Studi empiris tentang kontribusi harga, varian produk, dan kemasan terhadap pembentukan minat beli produk sabun mandi batang: Studi kasus terhadap pekerja rantau di Kota Surabaya. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 99–116.

Darmawan, D., Sari, P. N. L., Jahroni, J., Halizah, S. N., & Mardikaningsih, R. (2023). Digitalization of kedai industry: Analysis of the role of internet marketing orientation and innovation on marketing performance. Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal, 5(1), 21–31.

Darmawan, D., Sari, P. N. L., Jamil, S. A., & Mardikaningsih, R. (2023). Penerapan manajemen strategi: Kontribusi orientasi pasar dan orientasi teknologi terhadap kinerja bisnis UMKM. Journal of Management and Economics Research, 1(2), 64–70.

Dewi, S. N., Riyadi, J. S., & Haryanto, A. T. (2020). Dimensi social media marketing dalam meningkatkan keputusan pembelian produk UMKM di wilayah Boyolali dengan kemampuan inovasi sebagai variabel mediasi. ProBank, 5(1), 36–44.

Faramedina, N., Widariyono, D. A. Y., Dzinnur, C. T. I., Sudjai, S., Darmawan, D., & Rizky, M. C. (2023). Kegiatan lomba 17 Agustus untuk meningkatkan jiwa solidaritas antar warga Desa Jogosatru, Kecamatan Sukodono. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(1), 1–6.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, 1(2), 61–67.

Fuady, A. H. R., Putri, A. E., Badriyah, L., Masnawati, E., Retnowati, E., Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2024). Workshop pengembangan bisnis melalui media elektronik berbasis sosio-technopreneur terhadap usaha desa dengan produk es krim Desa Wilayut. Bumi: Jurnal Hasil Kegiatan Sosialisasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 48–55.

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77–85.

Ilham, M., Lihani, M., Rizky, M. C., Wulandari, W., Munir, M., Retnowati, E., & Dzinnur, C. T. I. (2023). Pelatihan content creator dengan tema prospek bisnis yang menjanjikan pada masyarakat Desa Panjunan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, sebagai bentuk meningkatkan kompetensi mahasiswa oleh mahasiswa Universitas Sunan Giri Surabaya. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 1(5), 07–13.

Infante, A., & Mardikaningsih, R. (2022). The potential of social media as a means of online business promotion. Journal of Social Science Studies, 2(2), 45–49.

Iskandar, J., Oleh, A. P., & Fitriyasari, M. (2022). Penguatan strategi marketing industri kreatif masyarakat (UMKM) melalui branding design. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 1509–1514.

Issalillah, F., Darmawan, D., & Khairi, M. (2022). The role of brand image and brand communications on brand trust. Journal of Science, Technology and Society, 3(1), 1–6.

Jannah, Z., Jazuli, M. F., Anjanarko, T. S., Darmawan, D., Masithoh, N., Chasanah, U., Sinambela, E. A., & Ernawati, E. (2023). Pendampingan digital marketing UMKM budidaya jamur tiram putih di Desa Jumputrejo. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 1–6.

Khayru, R. K., Wisnujati, R. N. S., Darmawan, D., & Issalillah, F. (2021). Pengamatan loyalitas merek obat herbal berdasarkan kemasan dan harga. Jurnal Simki Economic, 4(2), 121–132.

Lidyawati, C. O. E., Sasmita, F. E., Mardikaningsih, R., Issalillah, F., Aliyah, N. D., Khayru, R. K., & Darmawan, D. (2024). Inovasi bisnis keripik pisang: Membangun ekonomi desa dengan ide kreatif. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(3), 185–194.

Mardikaningsih, R. (2023). Strategi inovasi dan pemasaran media sosial untuk meningkatkan keunggulan kompetitif UMKM di Kota Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 6(2), 58–67.

Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Pengambilan keputusan pembelian produk berdasarkan ekuitas merek. The Journal of Business and Management, 4(2), 85–98.

Masnawati, E., Retnowati, E., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., & Munir, M. (2022). Entrepreneurial mindset building in adolescents: Learning strategies, potential identification, business initiation, and social media empowerment. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(2), 42–47.

Maulana, M. (2019). Asset-based community development: Strategi pengembangan masyarakat di desa wisata. EMPOWER: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259–278.

Negara, D. S., Aprilian, Y., Susanto, B. F., Maulana, R., & Widyawati, W. (2022). Mengoptimalisasikan c-commerce Whatsapp Business pada pengusaha kopra putih (Gudang Kelapa Do’a Ibu) Tembilahan Kab. Indragiri Hilir Riau. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 82–89.

Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Gusfiani, A., & Ramdani, D. (2018). Penguatan produk UMKM “calief” melalui strategi branding komunikasi. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 348–354.

Pasaribu, R., & Oktavia, A. (2021). Analisis media sosial sebagai media pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM di Kota Medan. Journal of Economics and Business, 2(1), 50–60.

Putra, A. R., Ernawati, E., Jahroni, J., Anjanarko, T. S., & Retnowati, E. (2022). Creative economy development efforts in culinary business. Journal of Social Science Studies, 2(1), 21–26.

Rahmawati, R., & Nugraha, I. (2022). Pelatihan desain dan proses pengemasan produk olahan daun kelor di Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Jawa Timur. abdimesin, 2(1), 36–45.

Safitri, D. (2022). Pemanfaatan copywriting untuk meningkatkan brand awareness usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). In Prosiding Seminar Nasional Wijayakusuma National Conference (Vol. 3, No. 1, pp. 30–34).

Safitri, D., & Romli, N. A. (2023). Optimalisasi media sosial Instagram sebagai media promosi produk UMKM Jatinegara Kaum. Jurnal Abdimas Perbanas, 4(2), 38–45.

Sidqi, M. H., Badriyah, L., Masnawati, E., Mardikaningsih, R., Hariani, M., Darmawan, D., & Hardyansah, R. (2024). Digitalisasi marketing dalam upaya peningkatan penjualan pada UMKM konveksi topi baret. Masyarakat Mandiri: Jurnal Pengabdian Dan Pembangunan Lokal, 1(3), 31–42.

Sinambela, E. A., & Mardikaningsih, R. (2022). Loyalitas merek Milo ditinjau dari kualitas produk dan brand image. Jurnal Simki Economic, 5(2), 155–164.

Sinambela, E. A., Nurmalasari, D., Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2021). The role of business capital, level of education, and technology in increasing business income. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(1), 77–92.

Sinambela, E. A., Putra, A. R., Arifin, S., Dahar, D., & Masithoh, N. (2023). Pelatihan pemasaran menggunakan media sosial pada pedagang di pasar tradisional baru Betro Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri, 1(2), 73–76.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Surahmah, S., & Masnawati, E. (2024). Persepsi kualitas, efektivitas pemasaran, minat beli konsumen dan merek dalam peningkatan penjualan produk skincare Scarlett. JoSES: Journal of Sharia Economics Scholar, 2(2), 1–5.

Surahmah, S., Mardikaningsih, R., Masnawati, E., El-Yunusi, M. Y. M., Dzinnur, C. T. I., Darmawan, D., & Pakpahan, N. H. (2024). Optimalisasi potensi pasar lokal: Peluang pemasaran UMKM dengan media digital. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 61–74.

Torfiah, L., Masithoh, N., Halizah, S. N., Retnowati, E., Safira, M. E., & Wibowo, A. S. (2023). Menjaga kesehatan dengan senam sehat bersama masyarakat dan mahasiswa KKN UNSURI di Desa Kloposepuluh Sukodono Sidoarjo. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(1), 7–12.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259–279.

Yuliaty, K. Y. S., Sari, W. P., & Safitri, D. (2013). Pengantar komunikasi bisnis. Jakarta: Ulinnuha Press.

Published

2024-10-15

How to Cite

Ardica Karunia Pradana, Maytita Tri Hardiyanti, Zulfa Aji Rani Isnuitama, Rahayu Mardikaningsih, Mila Hariani, Didit Darmawan, … Dharma Setiawan Negara. (2024). Pengembangan UMKM dengan Cara Branding dan Pembuatan Akun Media Sosial Instagram di Desa Tambak Lekok, Desa Jatirejo dan Desa Tampung. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 2(4), 110–127. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i4.1079