Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual pada Anak-anak di Rumah Belajar Mahapeserta Didik KKN Desa Cempaka Mulia Barat

Authors

  • Siti Fathonatul Hikmah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Junita Wulandari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Rifani Al-Ghazali Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Hadma Yuliani Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i4.1075

Keywords:

Tajweed Science, Audio Visual, Dedication

Abstract

This service aims to find out the implementation of tajweed learning through audio-visual media by KKN students in Cempaka mulia Barat village in the learning house activity program. This service method uses descriptive qualitative with data collection techniques in the form of observation. Data analysis is done descriptively interpretative. The results of the service show that audio-visual media can be applied effectively to children in the village of cempaka mulia barat, because this method is able to increase children's interest in reading the Qur'an and reduce boredom in the teaching and learning process.

References

Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan pendampingan pembuatan dan pemanfaatan media audio-visual interaktif dalam pembelajaran sejarah yang berbasis pada konservasi kearifan lokal bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar, 1(2), 131–140.

Baharuddin. (2012). Metode pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri pondok pesantren tahfizh Al-Qur’an Alimam ‘Ashim Makassar.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gafur. (2012). Desain pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kisma, A. D., Fakhriyah, F., & Purbasari, I. (2020). Penggunaan media pembelajaran diorama untuk meningkatkan pemahaman konsep kelas IV SD Negeri 2 Hadipolo. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 635–642.

Meilani. (2015). Pengaruh interaksi guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Artikel Publikasi Ilmiah, 5.

Nusroh, S., & Ahsani, E. L. F. (2020). Analisis kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) serta cara mengatasinya. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Prasetya, S. P. (2016). Media pembelajaran geografi. Surabaya: Unesa University Press.

Prasmanita, D., Khamid, A., Zamroni, A., & Nasitoh, O. E. (2020). Implementasi pembelajaran tajwid dan keterampilan membaca Al-Qur’an dalam materi Al-Qur’an Hadist. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 45–53.

Rahmah, F. N., & Fa’atin, S. (2019). Pengembangan kualitas media pembelajaran tajwid di MI NU Raudlatul Wildan Desa Ngembalrejo Kudus. Quality, 7(1), 29–49.

Sa’adah, S., & Ariati, F. (2020). Student engagement: Upaya peserta didik dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 12–25.

Sanjaya, W. (2013). Strategi pembelajaran berorientasi standar pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Sundayana, R. (2015). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Wati, E. R. (2016). Ragam media pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Yanggo, H. T. (2016). Al-Qur’an sebagai mukjizat terbesar. Waratsah, 1(2), 1–26.

Yullah, R. (2015). Metode pembelajaran tajwid di Dayah Jabar Nur Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 244–265.

Published

2024-10-15

How to Cite

Siti Fathonatul Hikmah, Junita Wulandari, Muhammad Rifani Al-Ghazali, & Hadma Yuliani. (2024). Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual pada Anak-anak di Rumah Belajar Mahapeserta Didik KKN Desa Cempaka Mulia Barat. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 2(4), 81–90. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i4.1075